Berapa Lama Waktu Nifas Itu?

Menyusui

Assalamu’alaykum, Alhamdulillah ustadz kami telah diberi amanah dari Allah Swt. Istri saya telah melahirkan beberapa waktu lalu. Namun ada pertanyaan, berapa lama batasan nifas yang ideal? Bagaimana kalau dalam waktu dua minggu sudah tidak keluar darah lagi, apakah istri wajib mandi besar dan menunaikan shalat ? Mohon penjelasan seputar nifas. Terima kasih  (Agung by email)

 

 

Wa’alaykumsalam wr wb, Iya pak Agung atas nama pribadi saya turut berbahagia, atas kelahiran buah hatinya, semoga menjadi anak yang shalih atau shalihah. Begini nifas adalah darah yang  keluar disebabkan oleh kelahiran. Status darah nifas sama seperti darah haid yakni najis alias tidak boleh terbawa dalam shalat.

Selain itu secara fiqih, hukum wanita  nifas sama   dengan wanita  haid, yaitu tidak boleh shalat, tidak boleh berpuasa, juga tidak boleh melakukan hubungan intim serta tidak boleh melakukan tawaf. Namun begitu tetap ada beberapa amalan yang bernilai ibadah seperti berdzikir, mendengarkan pengajian atau Al Quran dan sebagainya.

Lantas berapa lama masa atau waktu nifas itu? Sebenarnya tidak ada ukuran yang baku atau seragam antara wanita satu dengan yang lainnya. Hal ini salah satunya tergantung dari kondisi kebugaran atau kesehatan wanita tersebut. Artinya setiap wanita berbeda-beda dalam menjalani masa nifas. Namun jika mengacu pada zaman Rasulullah Saw.  biasanya empat puluh hari. Hal ini seperti hadits yang disampaikan oleh Anas r.a. dimana ia berkata:

Rasulullah Saw menentukan  untuk wanita nifas selama empat puluh hari kecuali jikalau bersih sebelum itu”. (HR. Ibnu Majah)

kalender percikan iman 2018

Hadits ini menegaskan bahwa waktu yang diperlukan wanita nifas adalah empat puluh hari, namun kalau sebelum empat puluh hari ternyata sudah tidak keluar darah lagi alias sudah berhenti nifasnya, maka  wanita tersebut  harus mandi besar untuk shalat.

Dengan demikian maka keharaman atau larangan selama nifas menjadi tidak berlaku lagi seperti sudah boleh hubungan intim, boleh tawaf dan boleh berpuasa. Namun demikian bisa saja untuk meyakinkan Anda dan istri maka bisa saja Anda berkonsultasi dengan dokter ahli untuk memastikan, apakah benar sudah berhenti nifas atau ada sebab lain. Wallahu A’lam. [ ]

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

 

(Visited 54 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment