IPB Sediakan Jalur Khusus untuk Penghafal Al Qur’an

PERCIKANIMAN.ID – Kabar baik bagi sahabat yang memiliki kemampuan menghafal Al Quran.  Kini semakin banyak sekolah yang memberikan perlakuan dan fasilitas khusus bagi hafidz dan hafidzah. Salah satu yang terbaru  adalah yang ditawarkan oleh  Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kampus yang terletak di Kota Hujan itu kini membuka jalur penerimaan baru untuk calon mahasiswa tahun akademik 2017/2018. Jalur tersebut adalah seleksi Prestasi Internasionan dan Nasional (PIN) bagi penghafal Alquran.

Dalam siaran persnya, IPB melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan  Prof Dr Yonny Koesmaryono menyatakan, calon mahasiswa penghafal Alquran dapat diterima melalui jalur seleksi PIN. “Program ini berlaku bagi semua program studi yang ada,” katanya.

Adapun syarat bagi calon mahasiswa yang masuk melalui jalur ini adalah harus memberikan bukti sah bahwa yang bersangkutan adalah penghafal Alquran. Bukti ini harus berasal atau dikeluarkan oleh lembaga yang terpercaya karena akan diverifikasi hafalannya.

Calon mahasiswa yang hafal 30 juz Alquran diapresiasi dengan nilai tambah yang setara dengan prestasi olimpiade tingkat internasional. Sementara bagi calon mahasiswa yang hafal di bawah 30 juz, tetap bisa untuk mendaftar namun bobot nilai yang diberikan berbeda.

donasi perpustakaan masjid

“Bagi yang hafal 15 hingga 29 juz akan diberi apresiasi berupa tambahan nilai yang setara dengan prestasi olimpiade nasional. Hal tersebut sudah menjadi ketentuan. Semua pendaftar harus mengikuti prosedur pendaftaran yang berlaku di IPB,” tandas Yonny.

(Visited 5 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment