DPR Anggap Penangkapan Atas Tuduhan Makar Bahayakan Islam

Desmond J Mahesa

PERCIKANIMAN.ID – – Sekjen Forum Umat Islam (FUI) KH Muhammad al-Khaththath ditangkap aparat kepolisian dan dibawa ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, pada Kamis (30/2/2017) malam. Ia ditangkap atas dugaan makar bersama empat orang lainnya, yaitu aktivis Zainuddin Arsyad, Wakorlap aksi 313 Irwansyah, Panglima FSI Diko Nugraha, dan Andry.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa menganggap, penangkapan Sekjen Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al-Khaththath oleh polisi atas tuduhan makar membahayakan Islam. Sebab, menurut Desmond, tuduhan makar tersebut hanya dilayangkan saat yang melakukan aksi adalah kelompok Muslim.

“Kecenderungan kan sekarang kalau non-Muslim demo gak makar, kalau Muslim demo makar. Lama-lama jadi begini ini republik. Nanti yang paling berbahaya ini dilakukan polisi adalah Islam ini jadi agama yang berbahaya,” kata Desmond seperti Republika.co.id, Jumat (31/3/2017).

Politikus Partai Gerindra itu pun menuntut polisi bisa membuktikan tuduhannya yang dilayangkan kepada Muhammad Al-Khaththath tersebut. Artinya, kasus tuduhan makar tersebut tidak mandek seperti pada kasus sebelumnya.

Jika polisi tidak bisa membuktikan tuduhan makar tersebut, maka menurutnya itu merupakan tindakan kesewenang-wenangan yang melanggar HAM.

kalender percikan iman 2018

“Kalau proses peradilan tidak bisa membuktikan tuduhan polisi seperti ini, ini adalah kesewenang-wenangan, ini adalah pelanggaran HAM,” kata Desmond.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono membenarkan kabar penangkapan Sekjen Forum Umat Islam (FUI), Muhammad al-Khathath. Argo menjelaskan, Al-Khaththath ditangkap karena adanya indikasi makar dalam aksi 313.

Hal senada juga disampaikan  Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, polisi sudah tidak sehat lagi.

“Jadi dalam situasi seperti ini justru tidak sehat, bisa menyulut provokasi juga,” ujar Dahnil

Dahnil mengaku belum mengetahui alasan polisi menangkap penggerak aksi 313 tersebut. Karena itu, ia mendesak kepolisian untuk segera mengeluarkan pernyataan resmi.

“Jadi ada baiknya polisi segera mungkjn  menjelaskan apa alasan yang bersangkutan ditangkap, karena justru bisa menyulut praduga macam-macam,” ujarnya.

Penangkapan tersebut juga dinilai dapat memperburuk citra polisi sendiri. Menurut dia, polisi bisa diduga melakukan kriminalisasi dan sebagainya.

“Polisi harus menjelaskan ini, karena ini memunculkan kriminalisasi, apalagi sekarang masih ada aksi,” katanya. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: teropongsenayan

REKOMENDASI

Leave a Comment