Pengurus Koperasi Syariah 212 Resmikan Minimarket Kita Mart

Kita Mart

 

PERCIKANIMAN.ID – – Koperasi Syariah 212 meresmikan minimarket pertamanya di Bekasi. Minimaarket itu diberi nama “Kita Mart”. Minimarket bernama ini berlokasi di Cluster Puri Jakamulya, Jalan H Madrais RT 05/03, Cikunir Raya, Jakamulya, Bekasi Selatan.

Ketua 1 Koperasi Syariah 212, Ustaz Valentino Dinsi, menerangkan pada dasarnya konsep Kita Mart tidak akan jauh berbeda dengan minimarket lain yang ada di Indonesia. Ia menilai, perbedaan yang ada terletak dari kepemilikan yang peruntukannya kepada umat.

“Hanya saja, kepemilikan Kita Mart diutamakan untuk umat atau komunitas di masjid-masjid,” kata Valentino saat sambutan peresmian KitaMart, sepert di kutip dari republika.co.id, Kamis(20/3/2017).

Ia menjelaskan, kepemilikan Kita Mart sebagian besar merpupakan komunitas, kolektif, dan produk-produk umat pun sudah bisa masuk ke sana. Menurut Valentino, perbedaan lain Kita Mart yaitu cara memiliki yang tergolong mudah, serta bisnis berbasis komunitas yang bisa dimiliki lebih dari satu orang.

“Sebab dana yang dibutuhkan untuk bisa memiliki Kita Mart dibagi menjadi tiga tipe. Tipe A Rp 175 juta, tipe B Rp 300 juta, dan tipe C yang paling besar Rp 400 juta,” ujar pimpinan Majelis Taklim Wirausaha (MTW) tersebut.

promo oktober

Sementara itu Ketua Umum Koperasi Syariah 212, Syafii Antonio, turut hadir bersama beberapa calon pemasok dan pengurus komunitas  KS 212 di Bekasi. Ia berpendapat, kehadiran minimarket modern seperti Kita Mart bisa jadi pola kemitraan dengan warung atau toko masyarakat, sehingga saling dukung dan memperkuat ekonomi umat.

“Sekarang ini ada warung modern ada warung tradisional, yang mana apapun modelnya, apakah warung atau gerai, yg penting bisa direplika dengan mudah dan bisa di kelola secara profesional,” kata Syafii.

Kendati demikian, Koperasi 212 juga akan melakukan pembinaan terhadap warung-warung kecil lainnya. Syafii Antonio mengatakan, langkah dari koperasi syariah 212 mendirikan mini market tersebut sesungguhnya merupakan bagian dari langkah pemberdayaan ekonomi syariah di Indonesia. Namun, kata dia, pihaknya merasa harus juga memperhatikan warung-warung kecil.

“Hal lain yang perlu diperhatikan, kita tak boleh hanya menumbuhkan minimarket tapi juga warung harus diperhatikan dengan melakukan pembinaan terhadap warung kecil,” ujarnya.

Ia menuturkan, saat ini ada belasan juta warung kecil yang ada di Indonesia. Jika warung tersebut diberdayakan dan dibina maka antara Kita Mart dan warung tersebut akan terjadi simbiosis mutualisme. Warung kecil akan beli ke Kita Mart dan mendapatkan diskon, sedangkan masyarakat juga akan tetap membeli di warung dengan harga murah.

Menurut dia, daya beli umat Islam sangat besar di Indonesia. Namun, hingga saat ini belum menjadi satu kesatuan, sehingga perlu untuk ditanamkan spirit 212 untuk berperan dalam pembangunan ekonomi tingkat nasional.

“Seperti kita lihat daya beli umat Islam itu sangat besar, daya belinya sekarang masih tercecer di sana sini  dan belum bisa jadi kekuatan besar yang bisa dimaksimalkan,” ucapnya.

Ia menambahkan, konsep Kita Mart berbeda dengan konsep retail biasa seperti Indomart atau Alfamart. Karena bentuknya bukan francise tapi lebih kepada kemitraan. Ia berharap Kita Mart dapat dikembangkan di Indonesia secara berjamaah.

“Diharapkan ini tumbuh dengan berjamaah, apakah itu ada sekitar 50 orang. syukur-syukur ada 100 orang,” katanya. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: republika

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Pengurus Koperasi Syariah 212 Resmikan Minimarket Kita Mart”

  1. Jual Buku Islam / Toko Buku Islam Online Terlengkap mengapresiasi artikel-artikel yang disajikan di web Percikan Iman ini, sangat bermanfaat bagi Kaum Muslim yang ingin terus mengkaji ilmu agama.

    Terimakasih,
    https://goo.gl/Mrzkql

Leave a Comment