Hukum Puasa Sunnah di Awal Bulan Rajab

shaum, puasa

Ustadz,  Bagaimana sebenarnya hukum melaksanakan puasa sunnah di tanggal 1 bulan Rajab?

 

Memang beberapa waktu lalu, sempat beredar pesan broadcast di media sosial tentang keutamaan shaum di bulan Rajab. Setelah saya telaah kualitas haditsnya, saya baca dalam buku Silsilah Al-Haditsah Adh-Dhaifah, sebenarnya shaum di awal bulan rajab itu  dalilnya dhaif. Dhaif itu artinya tidak perlu kita amalkan. Jadi, apabila ada broadacat tentang keutamaan melakukan puasa awal Rajab ini, kita sebaiknya harus kritis. Apakah dalilnya itu shahih atau dhaif (lemah).

Oleh sebab itu, jika kita menerima pesan broadcast tentang keutamaan ibadah jangan langsung disebarkan. Sebaiknya ditanyakan dahulu kepada orang yang memang mengerti, ahli atau faham tentang dalil-dalil supaya kita tidak ikut menyebar kesalahan.

Hal ini penting agar kita tidak melakukan amal yang sia-sia. Bila yang kita sebar itu ternyata hadits dhaif, hal itu kan berarti kita melakukan amal yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah Saw dan tentunya itu akan tertolak. Nabi bersabda, “Man amila amilan laisa ‘alaihi amuruna fahuwa roddun“.  Barangsiapa beramal dengan suatu amalan yang tidak ada perintah/contoh dari kami, maka amalan tersebut tertolak.

Bahkan yang paling parah, bukan hanya tertolak. Justru kita berarti menambah-nambahi agama. Sebab agama Islam itu sudah sempurna. Kita wajib mengamalkan Islam dengan petunjuk dan hal yang dicontohkan Rasulullah Saw.

promo oktober

Oleh sebab itu, mengapa shaum Rajab malah dibesar-besarkan, sementara shaum yang dalilnya sudah jelas-jelas shahih seperti shaum pertengahan bulan (setiap tanggal 13, 14 dan 15 bulan Hijriyah)  atau shaum Senin dan Kamis,  jarang kita lakukan.

Kita perlu terus mengevaluasi ilmu dan kualitas ibadah kita. Jangan sampai kita lebih mengtamakan yang dhaif, sementara yang sudah jelas-jelas kesahihannya tidak pernah kita lakukan.  Wallahu’alambishawab. 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

2 Thoughts to “Hukum Puasa Sunnah di Awal Bulan Rajab”

  1. Jual Buku Islam / Toko Buku Islam Online Terlengkap mengapresiasi artikel-artikel yang disajikan di web Percikan Iman ini, sangat bermanfaat bagi Kaum Muslim yang ingin terus

  2. Mutiah Addini

    Lalu ustadz.
    Kalau misalkan kita sudah puasa dari hari tabu, kamis, jumat.
    Ketika saya ingin puasa hari sabtu.
    Ada salah satu keluarga saya yang bilang hari sabtu itu tidak boleh puasa.
    Apa benarkah begitu?

Leave a Comment