Hukum Memberi Makan Ikan Dengan Bangkai

Kolam ikan

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya mempunyai usaha kolam ikan. Untuk pakannya kadang kala saya menggunakan sampah difermentasi menjadi pupuk tanaman terus dicampur kotoran, bangkai, dan darah untuk digunakan sebagai pakan ikan? Bolehkah ikan tersebut kita jual atau makan? Bagaimana status ikan tersebut halal atau haram? Mohon penjelasannya dan terima kasih (  Kikin by email)

 

 

 

Wa’alaykumsalam wr wb, iya Pak Kikin dan pembaca sekalian dalam Islam kita ketahui ada prinsip kebersihan adalah sebagian dari iman. Karena itu, seluruh upaya yang bertujuan menciptakan kebersihan bernilai ibadah. Apabila Anda memiliki kemampuan mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna bagi kehidupan, misalnya mengubahnya menjadi kompos dan pupuk, sungguh ini perbuatan mulia dan tentu saja akan menjadi amal jariah kalau Anda mampu mensosialisasikannya pada masyarakat hingga mereka bisa mengambil manfaatnya.

 

Bagaimana dengan sampah  yang dicampur bangkai dan darah, kemudian menjadi pakan ikan atau binatang ternak lainnya ? Pakah halal atau menjadi haram?

 

Secara prinsip, bangkai, darah, dan kotoran haram dimakan manusia, sebagaimana dijelaskan dalam ayat berikut, “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang ketika disembelih disebut nama selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa memakannya sedang ia tidak menginginkannya dan tidak pula melampaui batas, tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al Baqarah 2: 173)

 

Pada ayat ini, Allah swt. mengharamkan bangkai, darah, daging babi, dan sembelihan yang diperuntukkan bagi berhala untuk dimakan manusia. Dan tidak diharamkan untuk dimakan binatang karena binatang bukan makhluk mukallaf (mahluk yang mendapatkan beban kewajiban). Oleh sebab itu, tidak ada masalah Anda membuat pakan binatang dari bangkai atau darah. Dan binatang ternak yang diberi pakan dari bangkai hukumnya halal untuk dimakan. Wallahu a’lam

promooktober1

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Hukum Memberi Makan Ikan Dengan Bangkai”

  1. Jual Buku Islam / Toko Buku Islam Online Terlengkap mengapresiasi artikel-artikel yang disajikan di web Percikan Iman ini, sangat bermanfaat bagi Kaum Muslim yang ingin terus mengkaji ilmu agama.

    Terimakasih,
    https://goo.gl/Mrzkql

Leave a Comment