Hukum Muslimah Menikah Dengan Pria non Muslim

menikah

Assalamu’alaykum wr wb. Pak Ustadz, saya akhwat yang sudah lebih dari 2 tahun ini saya belajar di luar negeri. Mayoritas mahasiswa disini adalah non muslim termasuk yang laki-laki. Entah bagaimana saya menyukai (jatuh cinta) pada teman kuliah yang non muslim. Apa yang harus saya lakukan?    Salahkah saya jatuh cinta padanya? Mohon nasihat dan terima kasih. (Debby by email)

 

 

 

Wa’alaykumsalam wr wb. Iya teh Debby dan pembaca sekalian, sesungguhnya salah satu fitrah manusia adalah adanya ketertarikan terhadap lawan jenis, harta, dan kedudukan (cob abaca Q.S. Ali Imran 3:14). Kalau ada wanita jatuh cinta pada laki-laki atau sebaliknya, itu adalah kodrati atau fitriah yang tidak bisa disalahkan.

 

Persoalannya, kepada siapa Anda jatuh cinta? Kalau Anda sebagai wanita muslimah jatuh cinta pada laki-laki non muslim, maka segera alihkan pada yang lain. Usahakan untuk tidak menindaklanjuti ketertarikan Anda pada laki-laki tersebut karena seorang wanita muslimah haram menikah dengan nonmuslim mana pun. Kalau Anda memaksakan diri menikah dengannya, maka pernikahannya tidak sah. Allah swt. berfirman,

 

Permpuan-perempuan muslimah tidak halal bagi lak-laki  nonmuslim. Dan laki-laki nonmuslim pun tidak halal bagi perempuan-perempuan muslimah..” (Q.S. Al Mumtahanah 60:10)

 

Bagimana kalau laki-laki nonmuslim itu masuk Islam? Kalau dia menjadi muslim, maka Anda halal menikah dengannya. Namun hal ini perlu diwaspadai! Betapa  banyak laki-laki nonmuslim berpura-pura masuk Islam.

promooktober1

 

Tapi setelah mereka bisa menikahi wanita muslimah, mereka keluar lagi dari Islam. Kalau terjadi hal seperti ini, secara otomatis pernikahannya batal, dan kalau Anda terus melanjutkan kehidupan rumah tangga dengannya, berarti  status Anda berzina! Karena itu, waspadalah sebelum terjadi penyesalan.

 

Kesimpulannya, seorang wanita muslimah haram menikah dengan laki-laki non-muslim. Karena itu, kalau Anda wanita muslimah jatuh cinta kepada laki-laki nonmuslim, maka  segera tinggalkan dia sebelum terjadi percintaan atau hubungan yang mendalam teruma berniat untuk menikah.

 

Teruslah berdoa dan memohon bimbingan serta keteguhan hati untuk tidak jatuh cinta pada laki-laki non muslim. Insya Allah jika Anda mempunyai kesungguhan maka Allah akan memberi jalan keluar termasuk memberikan pasangan hidup dari kalangan pria muslim yang shalih. Wallahu A’lam. [ ]

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

REKOMENDASI

One Thought to “Hukum Muslimah Menikah Dengan Pria non Muslim”

  1. Jual Buku Islam / Toko Buku Islam Online Terlengkap mengapresiasi artikel-artikel yang disajikan di web Percikan Iman ini, sangat bermanfaat bagi Kaum Muslim yang ingin terus mengkaji ilmu agama.

    Terimakasih,
    https://goo.gl/Mrzkql

Leave a Comment