Cara Mudah Dapat Rezeki Yang Halal

Jualan

Assalamu’alaykum….. Pak Aam, sebentar lagi saya lulus kuliah dan rencananya saya akan meneruskan dan mengembangkan usaha orang tua di bidang jasa dan perdagangan. Cuma kata orang tua banyak juga rekan-rekannya yang melakukan praktik curang untuk mendapatkan untung yang banyak termasuk suap untuk mendapatkan proyek. Namun saya bertekad untuk berusaha dengan cara halal. Bagaimana agar saya mendapat rezeki yang halal dan berkah. Mohon nasihat dan bimbingannya. Terima kasih sebelumnya. (Fredi by email)

 

 

Wa’alaykumsalam…..iya saudara Fredi apa yang anda rencanakan dan niatkan sangat mulia dan baik selain sebagai teladan Rasul, berniaga yang Anda lakukan juga membantu dan salah satu cara berbakti kepada orang tua Anda. Usaha yang sudah dirintis oleh orang tua Anda jika dianggap masih layak dan prospektif maka ada baiknya Anda teruskan dan kembangkan.

Berbicara soal rezeki sudah pasti kita yakini bahwa Allah Swt akan menjamin rezeki kepada setiap makhluknya termasuk bayi yang belum lahir sekali pun. Selain itu dalam tuntutan syariat Islam setiap rezeki yang kita dapatkan haruslah bersumber dari cara yang halal dalam memperolehnya. Kehalalan dalam memperoleh rezeki dari Allah Swt ini sifat mutlak atau wajib sehingga tidak alasan karena terpaksa kemudian menyerempet pada yang subhat apalagi yang haram. Ini sangat tidak dianjurkan.

Secara umum maknda rezeki itu ada dua.

  • Pertama, reezeki yang sifatnya jasmaniah, yaitu rezeki yang bersifat material seperti apa yang kita makan dan apa yang kita pakai, misalnya pakaian, makanan setiap hari, rumah, kendaraan dan sebagainya. Ayatnya dapat kita baca dalam Surat Al-Baqarah ayat 212:

Allah memberi rezeki kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa perhitungan”.

donasi perpustakaan masjid
  • Kedua adalah rezeki yang sifatnya rohaniah, yaitu rezeki yang bersifat non material untuk kebutuhan bathiniah kita seperti ilmu, kecerdasan, kesehatan, sabar, syukur, hidayah, rasa tenang, rasa bahagia dan sebagainya. Hal ini seperti doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw:

Ya Allah! Rizkikan kepadaku kesabaran dalam ta’at kepada-Mu, sabar dalam menjauhi maksiat, sabar dalam menjaga apa yang Engkau cintai, sabar dalam sesuatu yang aku benci, dan sabar menghadapi urusan yang berat.” (Mutafakuh’alaih)

 

Trik Mendapatkan Rezeki Berkah.

Seperti yang Anda tanyakan tentang cara atau tips akan kita mendapatkan rezeki yang halal sekaligus berkah maka dengan mengacu pada Al Quran maupun Hadits Rasulullah Saw bisa kita rangkum sebagai berikut:

  1. Pandai Mensyukuri Nikmat

Jadilah orang qanaah (selalu merasa cukup), niscaya kamu termasuk orang yang pandai beryukur. Jadilah orang yang senang mencintai orang lain seperti mencintai dirinya sendiri, niscaya kamu termasuk mukmin  yang sebenar-benarnya.

“Berbuat baiklah pada tetanggamu, niscaya kamu menjadi muslim yang sesungguhnya.  (Musnad Asy-Syihab).

Demikian juga dalam Al Quran seperti QS. Luqman 31:12 dan QS. Ibrahim 14:7 dapat menjadi acuan bahwa syukur nikmat adalah bagian dari cara menjemput rezeki yang halal dari Allah.

 

  1. Jadilah Orang yang Amanah

Apa yang Anda kembangkan yakni dunia bisnis atau perdagangan sangat membutuhkan sifat amanah ini yakni dapat dipercaya atau kepercayaan, lawannya adalah khianat. Sekali berkhianat kepada rekan bisnis atau klien maka habislah usaha kita. Inilah salah satu pentingnya menjaga amanah seperti yang diajarkan Rasulullah Saw dalam sabdanya:

Amanah itu dapat mendatangkan rezeki, sedangkan khianat itu mendatangkan kemiskinan”. (H.R. Dailamy).

 

  1. Dapatkan Rezeki dengan Cara yang Halal

Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah Saw, “Sesungguhnya harta itu indah. Barangsiapa mengambilnya dengan benar, maka ia akan diberkahi dalam harta itu. Sungguh banyak orang yang mengelola harta sesuai kehendak hawa nafsunya, maka pada hari kiamat tidak ada balasan baginya selain kesengsaraan.” (H.R. Turmudzy).

 

  1. Tidak Dengki dengan Kesuksesan Orang Lain

Ini yang sering terjadi dalam kehidupan manusia termasuk dalam dunia bisnis. Kebanyakan orang akan dengki pada rekan bisnis yang maju dan berkembang dengan menuduh atau menduga melakukan hal yang tidak baik. Akhirnya berusaha menjatuhkan dengan cara yang tidak sehat. Padahal sikap dengki adalah pangkal keterpurukan manusia termasuk dalam berbisnis. Dalam hal ini Rasulullah Saw sudah mengingatkan dalam bersabda:

Janganlah kamu saling mendengki, janganlah kamu saling membenci, janganlah kamu saling bermusuhan. Tetapi jadilah kamu bersaudara,  ” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

  1. Memperbanyak Doa

Kita harus menyadari bahwa manusia adalah makhluk yang lemah tanpa dan upaya jika tidak ada kekuatan dari Allah Swt. Keberhasilan usaha bisnis kita hingga maju dan berkembang bukan semata-mata karena usaha atau jerih payah kita, melainkan ada ‘campur tangan” Allah di dalamnya, termasuk lewat doa-doa yang kita panjatkan. Demikian juga doa anak, istri, orang tua, rekan dan kaum dhuafa yang kita bantu. Untuk itulah jangan melupakan doa dalam keadaan apa pun baik saat sukses maupun jatuh, saat rugi atau pun untung besar.  Rasulullah Saw telah mengajarkan kita melalui doa:

Ya Allah, berikan aku jiwa qanaah (merasa cukup) terhadap apa yang Engkau rizkikan kepadaku, berkahilah pemberian itu dan gantilah segala yang hilang dariku dengan yang lebih baik.” (H.R. Al-Hakim)

Terkait dengan doa ini Anda bisa membaca buku saya yang berjudul DOA ORANG-ORANG SUKSES , dimana ada penjelasannya lebih rinci. Namun yang dimaksud dengan ‘sukses’ disini adalah sukses dunia dan akhirat, bukan sekedar sukses materi duniawi semata. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Intinya kita harus terus belajar dan belajar apa pun bidang yang kita jalani atau kerjakan. Wallahu’alam. [ ]

 

buku doa

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

REKOMENDASI

One Thought to “Cara Mudah Dapat Rezeki Yang Halal”

  1. Jual Buku Islam / Toko Buku Islam Online Terlengkap mengapresiasi artikel-artikel yang disajikan di web Percikan Iman ini, sangat bermanfaat bagi Kaum Muslim yang ingin terus mengkaji ilmu agama.

    Terimakasih,
    https://goo.gl/Mrzkql

Leave a Comment