Hukum Istri Keluar Rumah Tanpa Izin Suami

muslimah

 

Assalamu’alaykum wr.wb…Pak Aam, saya sangat sulit untuk bisa keluar rumah termasuk sekedar untuk ke pengajian. Kalau saya ingin pergi ke pengajian selalu tidak dikasih izin sama suami karena saya harus menunggui warung. Kalau memaksakan diri pergi mengaji tanpa izin suami apakah saya berdosa? Mohon penjelasannya dan terima kasih (Rose by email)

 

 

 

 

Wa’alaykumsalam.wr.wb….. Sebaiknya tanyakan kepada suami apa alasan sebenarnya dia melarang Anda ke pengajian. Kalau alasannya semata karena tidak ada yang menjaga warung, cobalah mencari pengganti Anda untuk menjaga warung sementara Anda pergi ke pengajian. Tetapi, kalau alasan suami melarang Anda pergi ke pengajian karena dia ingin dilayani (dalam berbagai konteks) oleh Anda, maka tidak ada alasan Anda untuk tidak melakukannya. Insya Allah, pahala yang akan Anda terima tidak akan kalah dengan pahala pergi ke majelis ilmu, terlebih kalau Anda melakukannya dengan ikhlas dan rido.

 

Memang ada sebuah hadis yang menyatakan, “Jikalau saya boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan seorang istri bersujud kepada suaminya.” (H.R. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah).

 

Namun demikian, keterangan tersebut tidak serta merta membelenggu hak dan kebebasan seorang istri untuk beraktivitas atau berkarya di luar rumah dan mengharuskan seorang istri full melayani suaminya selama 24 jam. Di sini, Anda masih memiliki hak untuk keluar rumah untuk kegiatan yang positif (atas seizin suami tentu saja).

 

Jadi, komunikasi yang baik antara Anda dan suami akan memberikan solusi yang memenangkan kedua belah pihak. Tetaplah meminta izin suami ketika hendak keluar rumah termasuk ke masjid atau sekedar ke rumah tetangga sehingga suami mengetahui dan tidak menimbulkan fitnah di belakang. Hal ini terlihat sepele namun jika diabaikan bisa menimbulkan masalah. Meminta izin kepada suami adalah salah satu adab dalam Islam dan menghormati posisi suami.

promooktober1

 

Pada intinya seorang isteri tidak boleh meninggalkan rumah tanpa izin suaminya, jadi meskipun Anda pergi keluar rumah untuk kebaikan termasuk ke pengajian namun harus mendapat izin dari suami. Jika suami belum mengizinkan maka Anda harus bersabar sambil mencari tahu alasannya dan juga solusinya serta mendiskusikan dengan baik.

 

Isteri yang keluar rumah atau meninggalkan suami atau pergi tanpa izin suami bukanlah termasuk golongan wanita yang baik karena isteri yang baik akan menghormati pemimpinnya (suaminya). Wallahu a’lam bishawab. [ ]

 

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

REKOMENDASI

Leave a Comment