5 Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Islam

ibu dan anak

 

PERCIKANIMAN.ID – – Siapa yang tak ingin punya anak saleh dan taat? Semua orangtua muslim pasti menginginkannya, namun itu tidak mudah. Lantas apa yang bisa dilakukan orangtua di era modern untuk menerapkan pola asuh gaya Islami di rumah?

Mengutip dari Islamhastag, Jumat (17/3/2017), mulailah dari hal-hal sederhana untuk menerapkan gaya pola asuh Islam di rumah. Barikut cara-cara yang bisa dilakukan orangtua.

  1. Jelaskan hal baik dan buruk

Tunjukkan kepada anak-anak nilai-nilai perbuatan baik dan efek yang mereka peroleh secara individu dan masyarakat. Begitu pula dengan perbuatan jahat. Lakukan sesuai kemampuan anak memahaminya.

  1. Memberi contoh

Orangtua harus menjadi contoh yang baik dalam perilaku mereka karena anak-anak suka meniru orangtua dari segi ucapan dan perbuatan. Salatlah tepat waktu dan perbanyak berdoa dan membaca Alquran.

  1. Tunjukkan anak contoh

Jelaskan pada anak hal-hal yang terjadi di lingkungan terkait masalah moral yang tidak sesuai ajaran Islam. Biarkan mereka belajar dari lingkungan sekitar.

promooktober

Expain mereka perilaku yang benar dengan cerita dengan moral dan menunjukkan kepada mereka contoh dari lingkungan.

  1. Liburan edukatif

Bawa anak-anak berlibur atau jalan-jalan untuk meningkatkan rasa spiritual mereka. Seperti mengajak ke masjid, perayaan hari besar Islam, dan berhubungan dengan saudara-saudara muslim. Dengan begitu anak bertambah wawasan tentang dunia Islam.

  1. Pantau dengan siapa anak bermain

Orangtua harus mengajarkan anak-anak memilih teman yang baik dan menghindari teman buruk. Karena, anak-anak selalu dipengaruhi oleh teman-teman mereka. Perilaku buruk dapat dengan mudah ditularkan melalui pertemanan yang buruk.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, “Manusia cenderung dipengaruhi oleh sikap temannya, jadi berhati-hati dalam memilih teman.” (HR Abu Dawud & At-Tirmidzi).

 

Sementara itu dikutip dari bukuMendidik Tidak Mendadakyang ditulis oleh Enny Sulistiani  mengungkapkan, setidaknya ada 7 sspek yang perlu ditekankan dalam mendidik anak. Dalam mendidik anak, para orangtua hendaknya menekankan pada hal-hal sebagai berikut:

  1. Memberi penanaman AQIDAH yang benar.
  2. Menanamkan JIWA PENDAKWAH. Artinya, orangtua sebaiknyamendidik anak untuk memiliki jiwa pendakwah atau pengajar, yaitu suka memberi contoh dalam berbuat baik dan meninggalkan kemungkaran.
  3. Meneladankan AKHLAK MULIA, seperti, sabar, qanaah, tawadhu, dan dermawan.
  4. Memberikan anak ILMU, dengan cara memberikan pendidikan yang baik bagi anaknya.. Ilmu yang diberikan, mulai dari ilmu agama hingga ilmu keduniawian yang dibutuhkannya untuk hidup dan melakukan syiar, serta menjadi bekal untuk mempersiapkan kehidupannya di akhirat.
  5. Memberikan PENDIDIKAN sangat penting, tujuan akhirnya agar anak lebih menyadari kebesaran ALLAH dalam mempelajari ilmu pengetahuan. Selain itu, tentu anak punya wawasan dan pola pikir yang luas untuk kehidupannya kelak. Dengan demikian, anak menjadi siap untuk berkompetisi, menjalani kehidupan nya dengan sukses setelah besar nanti.
  6. BERSIKAP LEMAH LEMBUT serta menghindari kekerasan dalam mendidik anak.
  7. Mengajarkan TANGGUNG JAWAB. Anak diajarkan untuk selalu berani bertanggung jawabkarena setiap yang dilakukan oleh manusia akan ada pertangungjawabannya di akhirat; amal baik akan dibalas dengan kebaikan dan amal buruk akan dibalas dengan keburukan. [ ]

 

Buku Mendidik Tidak Mendadak

 

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

REKOMENDASI

Leave a Comment