Partai Anti-Islam Geert Wilders Tumbang di Pemilu Belanda

Geert Wilders

PERCIKANIMAN.ID – – Pemilihan Umum (Pemilu) Belanda 2017 telah dilangsungkan pada Rabu (15/3/2017) waktu setempat. Hasil exit poll (jajak pendapat) yang dilakukan sejumlah lembaga survei sejauh ini menunjukkan, Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD) pimpinan Perdana Menteri Mark Rutte kembali keluar sebagai pemenang.

Partai itu memperoleh 31 dari total 150 kursi yang tersedia di Parlemen Belanda. Sementara, Partai untuk Kebebasan (PVV) jauh tertinggal di bawah pesaing sengitnya. Partai sayap kanan yang diketuai politikus anti-Islam Geert Wilders itu hanya mendapatkan 19 kursi.

Sama seperti PVV, Partai Kristen Demokratik (CDA) dan Partai Demokrat 66 (D66) masing-masing juga memperoleh 19 kursi. Berikut adalah hasil lengkap exit poll yang dirilis lembaga survei Ipsos, seperti dilansir laman Haaretz dan dikutip dari republika, Kamis (16/3/2017).

-VVD (Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi): 31 kursi

-PVV (Partai untuk Kebebasan): 19 kursi

donasi perpustakaan masjid

-CDA (Partai Kristen Demokratik): 19 kursi

-D66 (Partai Demokrat 66): 19 kursi

-GroenLinks (Partai Hijau): 16 kursi

-SP (Partai Sosialis): 14 kursi

-PvdA (Partai Buruh): sembilan kursi

-ChristenUnie (Partai Uni Kristen): enam kursi

-Partij voor de Dieren (Partai untuk Hewan): lima kursi

-50plus: empat kursi

-Denk: tiga kursi

-SGP (Partai Reformasi Politik): tiga kursi

-Forum voor Democratie (Partai Forum Demokrasi): dua kursi.

 

Sebelumnya para pengamat politik telah memprediksi Partai Wilders sangat tidak mungkin untuk mendapatkan mayoritas yang dibutuhkan yaitu 75 kursi agar bisa membentuk pemerintahan, dan menjadikannya sebagai Perdana Menteri. Mengingat partai besar di sayap kiri atau kanan telah bersumpah untuk tidak bergabung dalam koalisi.

Meskipun demikian, Wilders telah memiliki dampak yang besar pada kompetisi ini. Dia mungkin tidak menjadi Perdana Menteri, tapi beberapa ungkapan kontroversialnya telah membantu memiringkan Belanda ke arah yang lebih nasionalis.

Sebuah lembaga poling Peil.nl mengatakan kepada Bloomberg, bahwa masyarakat Belanda takut akan terkena efek Trump jika memilih Wilders. Wilders memiliki perangai dan kebijakan yang mirip dengan Presiden Amerika Serikat tersebut.

Sementara itu, lawan kuatnya berasal dari sayap kiri Mark Rutte yang kini menduduki kursi Perdana Menteri. Ia dikenal sebagai politisi liberal dari Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: dailymail

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment