Ingin Tetap Sehat? Perbanyaklah Makan Buah dan Sayur

Buah segar

PERCIKANIMAN.ID – – Banyak orang tidak suka makan sayur dan buah-buahan sehingga lebih memilih makan makanan kering dan di goring. Padahal jika mengetahui bahwa buah dan sayur adalah makanan yang baik untuk kesehatan tentu mereka akan bisa berubah pikiran. Sebuah penelitian terbaru menguatkan teori itu. Bahkan, dengan memakan buah dan sayur lebih banyak dapat mencegah jutaan kematian per tahun.

Seperti dilansir dari Time belum lama ini, yang memuat laporan penelitian yang diterbitkan melalui International Journal of Epidemiology, para peneliti melakukan meta analisis pada 95 kajian yang membahas asupan buah dan sayur. Peneliti dari Imperial College London itu mengestimasi 7,8 juta kematian prematur global dapat dicegah setiap tahun dengan memakan 10 porsi buah dan sayur setiap hari. 10 porsi artinya setara dengan 800 gram buah maupun sayur.

Makan buah dan sayur juga bisa mengurangi risiko kematian seseorang dari penyakit jantung dan kanker. Peneliti menemukan, terdapat penurunan risiko penyakit jantung sebesar 24 persen, stroke sebesar 33 persen, penyakit kardiovaskular 28 persen, kanker 13 persen, dan kematian 31 persen dibandingkan dengan orang yang tidak memakan sayur dan buah.

Buah dan sayur yang berkaitan dengan penurunan risiko masalah jantung adalah apel, jeruk nipis, dan sayuran hijau seperti bayam. Sementara sayuran brokoli, paprika, dan kacang panjang dapat menurunkan risiko kanker.

Peneliti tidak memberi kesimpulan memakan buah dan sayur dalam jumlah banyak bisa mengurangi kematian. Akan tetapi, nutrisi utama dari buah dan sayur diyakini dapat memperbaiki kesehatan.

“Buah dan sayur mampu mengurangi kadar kolesterol, tekanan darah, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” ujar anggota peneliti dari Imperial College London Dagfinn Aune.

 

Manfaat Buah Bagi Tubuh

Manfaat buah buahan untuk tubuh sangat banyak dan beragam, buah umumnya merupakan salah satu kebutuhan untuk hidup sehat dan merupakan salah satu cara mencegah kanker dan merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling ampuh dan alami. Dikutip dari infosehat, berikut adalah manfaat buah secara umum untuk tubuh:

  • Sumber vitamin, Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
  • Sumber Air dan Gizi, buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Sumber antioxidan, buah merupakan salah satu sumber antioxidant alami terbesar yang ada di dunia.
  • Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  • Obat luar tubuh, Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Manfaat buah buahan memang melebihi yang kita ketahui bersama, namun ada beberapa buah buahan yang harus kita waspadai dalam mengkonsumsinya. Hal ini karena ada beberapa buah buahan yang mengandung lemak dan gula yang berlebihan. [ ]

 

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment