Cara Merubah Takdir Menurut Islam

0
193
  • Jangan Menunda Pekerjaan/Amalan. Rasulullah Saw bersabda: “Hiduplah di dunia ini seolah kamu pengembara atau penyebrang jalan”.  Ibnu Umar berkata : ‘Jika kamu berada di waktu sore, maka janganlah tangguhkan pekerjaan hingga waktu pagi, dan jika kamu berada di waktu pagi, janganlah kamu tangguhkan hingga waktu sore. Manfaatkan masa  sehatmu sebelum kamu  sakit, dan isi umurmu dengan amal  sebelum datang kematianmu.” (H.R. Muslim)
  • Berhusnudhan (Berprasangka Baik) terhadap Takdir Allah. “Sungguh menakjubkan sikap seorang mukmin itu, segala keadaan dianggapnya baik dan hal ini tidak akan terjadi kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, ia bersyukur, maka itu lebih baik bagi dirinya dan apabila ditimpa penderitaan, ia bersabar, maka itu lebih baik bagi dirinya.” (H.R. Muslim)
  • Sering Memberi tanpa Berharap Balasan. “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.” (Q.S. Al-Baqarah 2 : 261)
  • Mensyukuri segala Nikmat-Nya. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang tidak menyukuri (pemberian) yang sedikit, maka ia tidak akan menyukuri (pemberian) yang banyak.” (H.R. Ahmad, Baihaqi dan Abid-Dunya)
  • Mampu Bangkit dari Keterpurukan. Kami berfirman: “Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati“. (Q.S. Al-Baqarah 2 : 38)
  • Berdo’alah! Tak ada yang dapat Mengubah Takdir selain Do’a. “Tiada sesuatu yang dapat menolak takdir kecuali do’a, dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali amal kebajikan. ….” (HR. Tirmidzi dan Hakim).

Demikian penjelasan singkatnya mudah-mudah dapat dimengerti dan memberi pemahaman. Wallahu’alam. [ ]

 

iklan

Editor: iman

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/