Sains Jelaskan Manfaat Sujud Dalam Shalat Untuk Kesehatan Otak

sujud

PERCIKANIMAN.ID – – Bersyukurlah kita ditakdirkan menjadi seorang muslim dengan hidayah-Nya. Dalam kehidupan seorang muslim semua akan tercatat sebagai kebaikan jika diserta dengann niat ikhlas dan sesuai perintah dan larangan-Nya. Sebagai seorang muslim kita dituntut dan diperintah untuk hidup sehat baik sehat fisik maupun psikis. Sehat psikis, mental atau hati disarankan untuk selalu bersyukur dengan senantiasa mendekat kepada Sang Khaliq. Sementara untuk tetap sehat fisik selain mengkonsumsi yang halal dan thayyib, tidak berlebihan juga disarankan untuk olah raga.

Bagi sebagian orang kegiatan olah raga dianggap aktivitas yang sulit untuk dilakukan secara rutin. Namun lagi-lagi kita harus bersyukur sebagai seorang muslim sebab menurut penelitian seluruh gerakan dalam shalat akan jika dilakukan secara tumaninah maka akan dapat menyehatkan tubuh. Seperti gerakan sujud yang dapat menyehatkan otak. Sujud seniri adalah gerakan meletakkan bagian paling tinggi dari tubuh manusia (kepala) di atas lantai. Sujud merupakan gerakan dalam salat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama menjaga kesehatan otak.

Seperti dilandir dari okezone yang mengutip buku ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’, menyebutkan  tidak ada senam yang lebih baik dari yang dilakukan oleh seorang Muslim seperti sujud dan berdoa kepada Allah dalam shalat.Manfaat bagi kesehatan, yaitu ketika sujud, maka akan ada suplai aliran darah menuju ke otak yang akan membuat otak menjadi sehat.

Dengan demikian, ini mampu menghindari penyakit kulit pada wajah. Saat manusia bernapas secara normal, maka sepertiga udara akan tersisa di paru-paru. Tetapi saat manusia bernapas di waktu sujud, maka abdormal fetra akan menekan diafragma. Diafragma akan mengeluarkan sisa udara tadi. Jadi, manusia bisa bernapas dengan lebih segar.

Dikarenakan manusia menghirup udara yang lebih segar, maka besar kemungkinan paru-paru akan lebih sehat. Saat seseorang bangkit dari sujud, ada tekanan lebih pada otot betis. Otot betis menurut pendapat ilmu medis dikenal sebagai peripheral heart yang akan memompa darah ke bagian bawah tubuh. Jadi gerakan sujud sangat bermanfaat bagi kesehatan. Secara sains, sujud bahkan lebih baik daripada yoga atau meditasi transcendental.[ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilsutrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment