Apa Arti Talak dan Khulu ?

cincin

 

 

 

 

Assalamu’alaykum.

Pak ustadz, mohon dijelaskan yang dimaksud dengan talak dan khulu’ dalam proses perceraian. Terima kasih ( Sulis by email)

 

 

 

 

Wa’alakumsalam,

Iya ibu Sulis dan pembaca sekalian talak dan khulu’ ada salah satu solusi terakhir dalam menghadapi kemelut keluarga atau hubungan suami istri yang sudah tidak bisa diselesaikan lagi sehingga keduanya (suami istri) sepakat mengakhiri  kebersamaan dengan perceraian.

 

 

Talak sendiri artinya “melepaskan ikatan pernikahan yang bersumber dari pihak suami atau suami menjatuhkan atau mengucapkan kata cerai secara sadar. Sementara khuluk adalah “melepaskan ikatan pernikahan yang diajukan oleh istri kepada suami” atau biasanya disebut dengan gugat cerai dari pihak istri. Keduanya baik talak maupun khuluk mengandung nilai atau konsekuensi hukum syariat dalam pernikahan yakni berpotensi keduanya bercerai khususnya talak tiga.

kalender percikan iman 2018

 

 

Sementara  jika dilihat dari macam-macamnya maka talak sendiri dibagi menjadi dua yakni:

  • Talak Raj’i adalah talak yang masih bisa dirujuk oleh suami, yaitu talak pertama dan kedua. “Talak yang dapat dirujuk itu dua kali . . (QS. AL-Baqarah 2:229)”
  • Talak Ba’in. Adalah talak yang tidak bisa dirujuk oleh bekas suami. Hal ini terjadi kalau sudah mengalami talak yang ketiga.

 

Jika seorang seorang suami telah melakukan talak raj’i maka ia harus sadar dan paham bahwa ada konsekuensi yang harus ia tanggung seperti:

  • Jatah talak yang dimiliki suami berkurang yakni talak kedua dan jika melakukan talak lagi maka ia jatuh ke talak tiga (talak bai’in).
  • Ikatan perkawinan berakhir setelah masa iddah habis jika suami tidak rujuk.
  • Suami boleh rujuk dalam masa iddah kepada istrinya.
  • Wanita tersebut berhak mendapatkan nafkah lahir dari suaminya selama masa iddah. Artinya suami tetap berkewajiban menafkahi secara materi.
  • Jika ada anak yang lahir pada masa iddah bernasab kepada suami yang mentalaknya.
  • Apabila salah seorang diantara mereka wafat, maka mereka masih bisa saling mewarisi.

 

Namun tidak semua ungkapan atau ucapan talak dari suami langsung jatuh hukum atau dianggap sah. Ada beberapa kondisi tertentu yang membuat talak tersebut menjadi tidak sah atau tidak dianggap ungkapan talak, seperti jika:

  • Dibawah tekanan atau paksaan. Suami melakukan atau mengucapkan talak kepada istrinya namun dalam keadaan tekanan atau paksaan dari orang lain maka talaknya tidak sah.
  • Akalnya tidak sehat, seperti mentalak dalam keadaan mabuk atau gila atau mengigau. Orang yang tidak sadar seperti kondisi mabuk atau teler maka talaknya dianggap tidak sah.
  • Dalam keadaan sangat marah. Dalam pertengkaran yang hebat sehingga suami mungkin sangat marah sehingga keluar dari mulutnya ungkapan talak maka talak yang demikian dianggap juga tidak sah.

 

Sebagai seorang muslim harus menyadari dan memahami betul bahwa dalam pernikahan bukan sekedar tuntutan biologis semata namun ada nilai-nilai agama yang harus dijalankan. Menikah adalah salah satu bentuk ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw maka selayaknya kita mencontoh rumah tangga beliau. Dalam rumah tangga memang tidak seperti jalan tol yang bebas hambatan dan bahagia selamanya.

 

Ada kalanya kekuranganharominisan disebabkan perbedaan pandangan antara suami dan istri maka diperlukan manejemen rumah tangga yang saling memahami. Saling menerima kekurangan dan kelebihan masing dan bertekad membangunan keluarga yang harmonis. Untuk membahas hal ini khususnya membangun rumah tangga yang harmonis berikut tips-tipsnya saya sudah menulisnya dalam sebuah buku yang berjudul “ Insya Allah Sakinah”. Dalam buku tersebut dibahas berbagai hal yang menyangkut permasalahan rumah tangga. Wallahu’alam. [ ]

buku insya Allah sakinah

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment