Hukum Bertato dalam Islam

Tato

Assalamu’alaykum Wr.Wb

Pak Aam, saya mempunyai latar belakang yang tidak baik dalam pergaulan. Meski terlahir dari keluarga muslim namun dalam pengamalan agama atau ibadah sangat kurang. Puncaknya saya terjerumus pergaulan yang hedon salah satunya ditandai dengan memakai tato di tubuh saya. Namun Alhamdulillah sebelum semuanya terlambat saya berhenti dari dunia kelam dan kembali meniti jalan yang benar. Saya bertaubat dan dalam beberapa bulan ini saya mulai kembali menjalankan shalat setelah beberapa tahun saya tinggalkan. Banyak teman-teman yang memberi semangat namun ada juga yang mencibir, katanya selama masih ada tato di badan makan shalatnya tidak akan diterima sebab menghalangi air wudhu. Mohon penjelasannya bagaimana hukum bertato dan ibadah khusus shalat orang yang masih ada tatonya. Terima kasih. (NN by email)

 

 

 

Wa’alaykumsalam Wr.Wb

Iya sebelumnya saya ucapkan selama kepada Anda yang telah kembali kepada jalan yang benar, jalan keislaman, terus semangat dan yakinlah bahwa Allah Swt menerima taubat Anda. Orang yang baik bukan berarti tidak pernah berbuat salah, namun ketika melakukan kesalahan ia segera menyadari kemudian bertaubat dan senantiasa mengerjakan kebaikan.

Terkait dengan hukum mentato ini mayoritas ulama menghukumi dengan haram seseorang yang dengan sadar melakukan tato dibadannya. Hal ini merujuk pada hadits Nabi Saw,

promo oktober

Allah melaknat orang-orang yang membuat tato, orang-orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi untuk mempercantik wajah, dan mereka yang mengubah ciptaan Allah” (HR. Muslim)

Berangkat dari keterangan tersebut maka bagi yang belum mentato tentu jangan melakukan. Lalu bagaimana dengan yang sudah melakukan?. Menurut hemat saya Anda tidak perlu menghilangkan tato tersebut dengan menyakiti badan misalnya dengan melukai, dengan cairan bahkan ada yang sampai di setrika agar kulitnya mengelupas sehingga tatonya hilang. Biarkan saja, yang terpenting saat ini Anda sudah sadar dan paham bahwa mentato itu perbuatan haram. Anda sudah bertaubat dan menyesal serta tidak ingin kembali atau melakukan hal-hal yang buruk.

Bagaimana dengan ibadah-ibadahnya khususnya shalat? Apakah menjadi batal selamanya karena wudhunya tidak sempurna?. Insya Allah ibadah Anda shalat, puasa, bahkan haji atau umroh tetap sah. Terpenting adalah bagaimana Anda saat ini dan kedepannya, bukan terus mengingat atau kembali ke masa lalu. Saat ini Anda sudah bertaubat dan tetap istiqamah dalam kebaikan, tinggalkan masa lalu yang suram dan penuh kemaksiatan itu. Yakinlah bahwa Allah menerima taubat Anda dan Allah Maha Pengampun, ampunan Allah seluas langit dan bumi dan yakinlah bahwa ampunan  Allah lebih besar dari dosa Anda.

Nah, bagi Anda yang belum ditato tentu jangan mentato diri karena jelas hukumnya haram. Setelah Anda tahu bahwa mentato badan itu haram dan Anda misalnya tetap melakukannya kemudian berpikir nanti akan bertaubat, tentu beda persoalan. Orang yang mentato kemudian bertaubat karena tidak tahu berbeda dengan yang sudah tahu hukumnya namun melakukan baru bertaubat. Sekali lagi bagi pembaca sekalian khususnya orangtua agar menjelaskan kepada putra putrinya tentang haramnya mentato badan. Yakinlah bahwa mentato badan tidak akan membuat orang menjadi gagah, pemberani dan sebagainya. Sesungguhnya Allah sudah menciptakan kita dengan sempurna termasuk kulit ini dengan sebaik-baiknya. Hal ini yang harus disyukuri. Jangan sampai kita mendzolimi diri sendiri dengan menyakiti diri. Di tato itu kan pas sakit, kulit di tusuk jarum sedangkan menyakiti diri sendiri itu hukum haram.

Sekali lagi Anda yang masih tato tetap yakin dan istiqamah dalam ketaatan dan ibadah kepada Allah. Sementara yang belum di tato maka jangan melakukan. Wallahu’alam. [ ]

 

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

 

(Visited 4 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment