Musim Hujan dan Banjir, Kenali Tanda-tanda Pneumonia pada Anak

Banjir

PERCIKANIMAN.ID – – Ketika musim hujan, terutama banjir, sejumlah penyakit langsung menjadi ancaman bagi anggota keluarga, termasuk si kecil. Salah satu penyakit yang dapat mengancam anak-anak atau balita saat musim hujan adalah pneumonia. Pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan virus atau bakteri dan mengakibatkan infeksi di paru-paru. Virus atau bakteri penyebab pneumonia dapat menyerang dengan cepat dan bisa berbahaya jika tidak ditangani.

Dalam banyak kasus, pneumonia ditandai dengan batuk-pilek yang parah. Tetapi, infeksi bakteri dapat berkembang tanpa gejala batuk dan pilek sebelumnya. Dikutip dari okezone, berikut ini adalah gejala pneumonia pada bayi yang harus segera dilakukan rawat inap:

iklan donasi pustaka2
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38 derajat celsius dan disertai menggigil serta nyeri otot.
  • Masalah perut seperti mual, muntah, dan bahkan diare.
  • Kelelahan, biasanya akan terlihat sering mengantuk, lemah dan kekurangan energi.
  • Pernapasan tidak normal, misalnya cepat tetapi tidak dalam, dari perut bukan dada, dan flaring hidung yang berlebihan atau mengi.
  • Batuk berlendir, yang biasanya berwarna hijau. Pada kasus yang parah, lendir bercampur dengan darah.
  • Kulit membiru, biasanya terlihat di sekitar bibir dan wajah. – Nyeri dada atau perut, tergantung pada bagian mana dari paru-paru yang terinfeksi.

Tips Atasi Pneumonia

Setiap orang yang memiliki daya imunitas rendah berpotensi mengidap pneumonia, terutama di musim hujan dan banjir ini. Gejala yang paling umum dari penyakit pneumonia, di antaranya sakit kepala, hilang nafsu makan, kelelahan, berkeringat, mual, nyeri otot, nyeri dada saat bernapas, serta batuk. Bila Anda menemui gejala di atas, yuk ketahui tips rumahan mengatasi pneumonia, dilansir dari Homeremedies10, Jumat (24/2/2017).

  • Bawang putih

Bahan dapur ini memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan bakteri, virus, dan jamur. Bawang putih juga membantu menurunkan sihi tubuh dan mengeluarkan dahak dari paru-paru.

  • Jus sayur

Jus wortel, jus bayam, maupun jus mentimun baik untuk kesehatan. Ketiganya mampu melawan infeksi pneumonia dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jus sayuran ini melarutkan lendir dan meningkatkan detoksidikasi tubuh, karena kandungan fosfor dan klorin.

  • Uap inhalasi

Untuk membantu melawan infeksi dan meredakan batuk, serta hidung tersumbat, cobalah hirup uap air hangat. Anda bisa merebus air dalam panci yang ditambahkan dengan beberapa minyak esnsial kayu putih, tea tree, atau lemon. Hiruplah uap hingga Anda merasakan kelegaan dalam sistem pernapasan.

  • Kunyit

Kandungan mukolitik mampu mengencerkan lendir yang terjebak. Sifat antibakteri dan antivirus mampu membantu memerangi infeksi. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat dan minumlah setidaknya tiga kali sehari.

  • Minyak oregano

Tahukah Anda ternyata minyak oregano mampu memerangi kuman penyebab pneumonia. Oregano bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang membantu mengencerkan lebih dan melegakan pernapasan. Anda bisa menambahkan tiga tetes minyak oregano ke dalam segelas air dan meminumnya tiga kali sehari.[ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment