Bagaimana Cara Berbakti Pada Orangtua yang Sudah Meninggal?

kuburan

Assalamu’alaykum Wr.Wb

Pak Aam, kedua orangtua saya telah tiada. Ayah meninggal ketika saya masih kecil dan ibu meninggal disaat saya sedang berada di luar negeri. Saya sendiri merasa belum berbakti kepada keduanya. Kebetulan saya mendapat kesempatan belajar dan bekerja di luar negeri yang sedianya ingin membahagiakan ibu saya termasuk memberangkatkan umroh. Namun sebelum itu saya lakukan beliau justru lebih dulu dipanggil Allah. Apakah masih bisa saya berbakti meski mereka telah tiada? Mohon nasihatnya. Terima kasih. ( Maya by email).

 

Wa’alaykumsalam Wr.Wb

Iya teh Maya dan pembaca sekalian sebagai seorang muslim kita harus meyakini bahwa keberadaan kita di dunia ini karena asbab orangtua. Allah Swt menakdirkan kita kea lam dunia ini karena adanya orangtua. Mustahil manusia lahir tanpa orangtua, hanya manusia pertama saja yang tidak memiliki orangtua. Untuk itu Islam mengajarkan bahwa berbakti atau memuliakan orangtua adalah salah satu kewajiban dalam agama. Lawan dari berbakti adalah durhaka maka seorang anak akan dosa besar jika melakukan kedurhakaan kepada orangtuanya.

Terkait dengan perintah atau kewajiban berbakti atau memuliakan orangtua ada dalam Al Quran maupun hadits Nabi Saw. Sangat jelas petunjuk Allah dalam cara kita berbakti atau memuliakan orangtua, seperti dalam Al Quran:

kalender percikan iman 2018

Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain kepada Allah dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam perawatanmu, maka janganlah kamu berkata yang menyakitkan, janganlah  membentaknya namun ucapkanlah perkataan mulia, rendahkanlah dirimu terhadap mereka dengan penuh kasih sayang dan doakanlah: ”Ya Tuhanku, sayangi  kedua orang tuaku, sebagaimana mereka telah mendidikku dengan kasih sayang  waktu kecil“.     (QS. Al Isra (17): 23 – 24)

 

Ayat tersebut secara eksplisit cara berkati kepada orangtua yang masih hidup yakni sekiranya keduanya telah uzur atau sangat tua maka kita harus merawatnya. Perwatan  kita kepada orangtua layaknya orangtua kita dahulu merawat kita sewaktu kecil yakni dengan penuh kasih sayang dan tulus serta ikhlas.  Demikian juga seharusnya cara kita merawat orangtua, bukan merawat dalam keterpaksaan atau malah hanya sekedar menitipkan di panti jompo.

Nah, lalu bagaimana cara kita berbakti  atau memuliakan orangtua yang sudah tidak ada atau wafat?. Kita harus bersyukur ternyata Islam agama yang sempurna dan lengkap ajaran dan tuntunannya, termasuk menjelaskan cara kita berbakti kepada orangtua yang telah wafat. Cara berbakti pada orangtua yang telah wafat, kita bisa merujuk pada pesan atau sabda Rasulullah Saw:

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 105 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment