Kunjungan Raja Salman, Arab Saudi Bisa Perkuat Perbankan Syariah Indonesia

Raja Salman

PERCIKANIMAN.ID – – Kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia harus dimanfaatkan secara maksimal. Capaiannya tidak hanya dari segi jumlah rombongan, tapi juga hasil konkret bagi kedua negara sebab potensi kerja sama kedua negara masih sangat besar.

”Meski harga minyak menurun dan kondisi ekonomi Arab Saudi tidak seperti dulu lagi, potensi kerja sama yang bisa dimanfaatkan Indonesia masih banyak,” ujar Pengamat hubungan internasional dari Par Indonesia Strategic Research Guspiabri Sumowigeno di Jakarta, seperti dilansir okezone, Jumat (24/2/2017).

Saudi pun dinilai dapat ikut memperkuat perbankan Indonesia khususnya yang berbasis syariah jika sebagian dana kerajaan ditempatkan di Indonesia. Upaya Saudi untuk mengubah struktur ekonominya agar tidak terlalu bergantung pada minyak dan gas (migas), juga dapat dimanfaatkan Indonesia.

Dalam bidang pariwisata, Indonesia memiliki birokrat, praktisi, dan investor besar yang bisa ikut terlibat di Saudi sehingga potensi wisata halal Indonesia bisa terdorong. Raja Salman rencananya menggelar tur Asia selama 31 hari.

Sebelum ke Indonesia, dia akan singgah terlebih dahulu ke Malaysia selama tiga hari. Setelah dari Indonesia, suksesor Raja Abdullah tersebut akan melawat ke China selama empat hari, ke Jepang tiga hari, ke Maladewa, dan ke Yordania pada 27 Maret untuk menghadiri KTT Arab. [ ]

promooktober1

Red: admin

Editor: iman

Foto: dailymail

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment