Bagaimana Hukum Belajar di Gereja?

Gereja

 

 

 

 

 

Pak Aam, bagaimana hukum masuk gereja ? Saat ini saya tinggal di Korea untuk belajar bahasa Korea, namun semua pembelajaran dilakukan di geraja dan beberapa tempat ibadah non muslim. Mohon penjelasnnya? Terima kasih. ( Rio by email)

 

 

 

 

Iya pertanyaan demikian pernah kita bahas namun untuk mengingatkan kembali bagi yang sudah paham maupun yang belum ada baiknya kita uraikan lagi. Terkait bolehkah seorang muslim masuk gereja?. Dalam hal ini setidaknya ada tiga pendapat ulama yang bisa dijadikan rujukan.

Pertama hukum masuk gereja itu haram mutlak. Pendapat ini dikemukakan ulama Hanafiyah dan Syafi’iyah. Namun ulama Syafi’iyah mengaitkan hukum haram jika di gereja tersebut ada gambar atau patung dengan alasan gereja adalah tempat berdiamnya setan dan tempat ibadah agama atau keyakinan lain diluar Islam yang hak.

Kedua ada ulama yang berpendapat bahwa hukum masuk gereja itu makruh yang dikemukakan ulama Hambali. Namun ulama Hambali mengaitkan terlarangnya masuk gereja jika di situ terdapat gambar atau patung makhluk hidup.

Pendapat ketiga adalah bolehnya seorang muslim masuk gereja secara mutlak. Setidaknya tiga pendapat para ulama tersebut dapat kita ketahui yang pada intinya tidak ada dalil tegas yang melarang muslim masuk gereja. Adapun adanya patung atau gambar di suatu tempat, bukanlah berarti tidak boleh masuk ke tempat tersebut. Yang berdosa saat itu adalah yang membuat gambar atau patung.

kalender percikan iman 2018

Hemat saya tentunya tidak ada masalah atau boleh Anda masuk gereja, selama anda masuk ke gereja itu bukan untuk beribadah. Anda masuk ke gereja sekedar untuk belajar dimana Anda tidak punya pilihan atau kewenangan untuk pindah ke tempat lain. Jadi masuk gereja itu tidak haram kalalu tidak ada kaitan dengan ritual. Yang menjadi haram,  jika Anda terlibat atau ikut ritual ibadah mereka.  Sementara yang Anda lakukan hanya sekedar belajar bahasa bahasa. Itu menurut hemat saya tidak ada masalah. Namun untuk menjaga akidah atau keimanan Anda tentu lebih baik Anda belajar bukan di gereja sekiranya itu memungkinkan. Wallahu’alam. [ ]

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

 

 

(Visited 4 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Bagaimana Hukum Belajar di Gereja?”

  1. Jual oko Buku Islam Online Terlengkap mengapresiasi artikel-artikel yang disajikan di web Percikan Iman ini, sangat bermanfaat bagi Kaum Muslim yang ingin terus mengkaji ilmu agama.

    Terimakasih,
    https://goo.gl/Mrzkql

Leave a Comment