Air Sebagai Sumber Kehidupan, Ini Penjelasan Al Quran dan Sains

Air terjun

PERCIKANIMAN.ID – – Keberadaan air dalam kehidupn makhluk hidup ada sebuah keniscayaan sebab mustahil ada kehidupan tanpa air. Pentingnya air dalam kehidupan bisa dipahami dari banyaknya dimana sebagian besar bumi ini lebih luas lautannya ketimbang daratannya. Demikian juga dalam tubuh manusia dimana sebagian besar tubuh manusia berisi cairan.

 

Allah Swt telah sempurna menyediakan keberadaan air ini untuk kebutuhan makhluk-Nya dengan adanya siklus hujan. Hujan merupakan fenomena alam yang terjadi di bumi sehingga ketersediaan air menjadi seimbang. Munculnya hujan sebagai sumber kehidupan telah dijelaskan dalam Al Quran dan sains. Di kutip dari buku ‘Alquran vs Sains Modern” menurut Dr. Zakir Naik’ yang dilansir okezone menjelaskan bahwa terjadinya musim kemarau yang kering, maka sebagian besar binatang liar di tempat tersebut bermigrasi. Mereka berpindah tempat untuk mencari sumber makanan dan minuman.

iklan donasi pustaka2

 

Selain minimnya sumber makanan dan minuman, wilayah yang kering tersebut juga menjadi sepi karena ditinggalkan hewan-hewan penghuninya. Selanjutnya, ketika Allah kemudian menurunkan hujan dalam kadar yang telah ditetapkannya, maka wilayah tersebut berangsur-angsur menjadi hijau kembali.

 

Tumbuhan hijau dan beraneka warna hidup memenuhi wilayah tersebut. Air pun melimpah sebagai sumber air minum dan habitat ikan. Wilayah itu menjadi wilayah yang mendukung kelangsungan makhluk hidup. Dalam Alquran, hujan telah disebutkan sebagai sumber kehidupan dan mendukung habitat makhluk hidup.

 

Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan) dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak,” (QS. Al-Furqan: 48-49).

 

Sebagian orang sudah mulai menyadari pentingnya air dalam kehidupan sehingga melakukan beberapa tindakan untuk menjaga sumber air. Melakukan penghijauan, tidak merusak hutan dan menjaga lingkungan adalah beberapa cara orang yang sadar akan pentingnya air. Namun harus diakui masih banyak pula masyarakat belum menyadari pentingnya air sehingga masih acuh dan abai terhadap upaya menjaga kelestarian air. [ ]

 

Red:admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment