Waspadai Ini Sebagai Pemicu KDRT

KDRT

PERCIKANIMAN.ID – – Keharmonisan dalam rumah tangga adalah impian dan niat awal semua pasangan. Namun semua menyadari bahwa rumah tangga dibangun bukan oleh satu karakter sama. Pada sebagian pasangan dalam rumah tangga mempunyai sifat dan kegemaran yang berbeda namun demikian hal ini bukan suatu alasan untuk membuat rumah tangga menjadi tidak harmonis.

Perbedaan kadangkala menjadi pemicu perselisihan dalam rumah tangga bahkan tidak sedikit yang disertai dengan tindakan kekerasan kepada pasangan. Sebuah penelitian menyebutkan satu dari empat wanita mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hal ini tentu bukanlah kabar baik. Dari hasil tersebut terungkap betapa besar potensi KDRT saat ini. Tak jarang alas an sepele bisa menjadi penyebab munculnya tindakan KDRT. Keluraga muslim khususnya kaum muslimah diharapkan tidak menyepelekan hal ini dan membiarkannya begitu saja.

Dalam mengarungi mahligai rumah tangga tentu tidak sama dengan melewati jalan bebas hambatan. Ibarat biduk dilautan tentu saja ombak dan badai siap menerjangnya dalam perjalanan menuju dergama kebahagian rumah tangga. Untuk itu sebagai muslim harus berpegang ajaran Islam yang terbukti menjadi jaminan meniti kebahagian dunia akhirat. Terkait dengan rumah tangga ini, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

Aku katakan bahwa kamu harus memperlakukan wanita dengan baik. Yang terbaik darimu adalah yang memperlakukan istri-istri mereka dengan sebaik-baiknya.”

Hadist tersebut sering diasumsikan bagi umat muslim bahwa boleh melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Padahal itu salah, bahkan Nabi mengatakan, “Jangan memukul perempuan”.

promooktober

Ini tidak hanya istri, tetapi semua wanita seperti anak dan saudara. Nabi juga mengatakan, ketika ditanya tentang kewajiban seorang suami terhadap istrinya,

Siapkan istri ketika kamu makan, dan sediakan pakaian seperti engkau yang juga berpakaian. Jangan memukul wajahnya dan gunakan bahasa sopan saat berbicara padanya.”

Dari kutipan di atas jelas bahwa tak boleh melakukan kekerasan dalam bentuk apa pun kepada istri. Melansir dari Soundvision,Minggu (19/2/2017) berikut beberapa penyebab utama terjadi kekerasan terhadap perempuan.

  • Ekonomi

Faktor sosial dan ekonomi membuat pria mudah marah dan emosi yang tidak stabil. Kemarahan pun akhirnya dilampiaskan kepada istri. Entah dalam bentuk verbal mau pun fisik.

  • Cemburu

Entah cemburu kepada teman pria istri atau karier istri yang lebih sukses. Kedua hal itu membuat suami cemburu dan terpancing amarah hingga melakukan kekerasan kepada istri.

  • Karier

Perbedaan penghasilan dan karier suami istri bisa menjadi boomerang jika tidak pandai mengkomunikasikan. Karier istri yang melesat dan mendapat posisi top di tempat kerjanya bisa jadi malah membuat suami tidak senang. Posisi tinggi yang diraih istri akan membuatnya semakin sibuk dengan tuntutan beban kerja. Dengan demikian waktu bersama keluarga (suami) akan semakin berkurang.

Hendaknya masing-masing pasangan menyadari posisi dan perannya sendiri. Kebahagian dalam keluarga bukanlah karena berlimpahnya materi. Keharmonisan rumah tangga bukan ditentukan oleh jumlah waktu yang tersedia namun waktu tersebut harus berkualitas.[ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

(Visited 7 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment