Anak Susah Diajak Tidur Malam? Gunakan Cara Ini

anak nonton tv

PERCIKANIMAN.ID – – Tidur yang cukup adalah kebutuhan yang harus dipenuhi bagi si kecil. Pada masa balita atau batita tidurnya bisa mencapai 14 hingga 18 jam perharinya. Namun terkadang si buah hati susah diajak tidur khususnya di malam hari. Ini adalah kondisi normal selama dia dalam keadaan sehata. Susah diajak tidur bisa jadi karena belum mengantuk atau tengah asyik bermain.

Seakan sudah asyik bermain, si kecil jadi tidak mau jika disuruh tidur. Padahal Anda sudah berusaha membujuk rayunya, tetapi hasilnya pun nihil. Anak yang susah tidur, terkadang sulit berkonsentrasi di sekolahnya. Apalagi si kecil cenderung mengantuk di dalam kelas. Ayah bunda tidak pusing untuk membuat anak tidur di malam hari, dikutip dari Parents, Jumat (17/2/2017) berikut tips yang bisa diterapkan.

iklan donasi pustaka2
  • Optimalkan waktu rileks

Anda bisa meluangkan waktu 30 menit bermain bersama anak. Anda bisa menceritakan dongeng. Hindari anak menonton televisi, khususnya film horor. Sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak, tanpa perlu merasa takut.

  • Suasana nyaman untuk tidur

Atur suasana yang mendukung si kecil untuk tidur dengan nyenyak. Misalnya menyalakan lampu tidur dan pastikan si kecil nyaman dengan selimut yang membalut tubuhnya.

  • Tegaskan kembali

Ucapkan dengan nada tegas, apakah ia akan tidur lima menit lagi atau tidak. Memanjakan si kecil, justru membuatnya enggan untuk tertidur.

  • Hindari asupan kafein

Pengaruh makanan dan minuman yang mengandung kafein juga berpengaruh terhadap kualitas tidur anak. Mulai malam ini, hindari pemberian makanan atau minuman mengandung kafein, seperti teh, kopi, atau cokelat.

  • Bacakan buku atau dongen

Membacakan dongeng atau cerita kegemarannya akan membuatnya cepat merapat ke tempat tidur. Jika ceritanya bersambung buat ia penasaran dengan kelanjutan cerita berikutnya. Membacakan buku adalah cara efektif mengajak anak tidur selain ada nilai edukasinya, mendongeng juga akan melatih pendengar dan daya ingatnya saat di sekolah. [ ]

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment