Obat Herbal Selalu Aman ? Berikut Penjelasan Peneliti

Herbal

PERCIKANIMAN.ID – – Penggunaan obat-obatan yang berdasarkan pada ramuan tanaman (herbal) dalam beberapa tahun ini mengalami peningkatan. Sebagian masyarakat mempercayai bahwa obat herbal lebih aman jika dibanding dengan obat kimia sintetis. Bahan dasar obar herbal yang lebih banyak mengandung unsur alami (tanaman) diyakini lebih aman. Namun apakah demikian bisa dijamin keamanannya hingga seratus persen?.

 

“Kesalahpahaman yang beredar di masyarakat bahwa obat herbal selalu aman karena telah digunakan selama ribuan tahun silam menyebabkan risiko kesehatan bagi penggunanya”,  ujar para peneliti dari Australia seperti dilansir Xinhua, belum lama ini.

iklan donasi pustaka2

 

Dalam sebuah studi, peneliti dari University of Adelaide mengatakan beberapa obat-obatan herbal yang populer, yang telah digunakan selama beberapa generasi, sebenarnya mengandung bahan beracun dari tanaman dan hewan.

 

Namun obat-obatan itu hingga kini masih digunakan karena masyarakat berasumsi bisa mengambil manfaat darinya.

 

Penulis utama studi Prof. Roger Byard mengatakan timnya menemukan sejumlah kondisi medis akibat beberapa perawatan herbal antara lain gagal ginjal dan kerusakan hati.

 

“Efek samping racun obat-obatan herbal yang digunakan dalam masyarakat tradisional biasanya tidak dilaporkan. Kendati begitu, kurangnya pengamatan bisa berdampak merugikan bahkan serius, seperti gagal ginjal dan kerusakan hati yang disebabkan oleh beberapa spesies tanaman,” ujar Byard.

 

Sementara itu, Dr. Ian Musgrave dari bagian Farmakologi, mengatakan banyak pasien tidak mau repot memeriksa bahan-bahan dari beberapa obat-obatan herbal, karena berasumsi obat itu telah digunakan sejak lampau dan aman.

 

Byard menganjurkan agar otoritas untuk barang terapeutik Australia  (TGA), mengharuskan produsen memiliki sampel yang diuji secara independen sebelum menempatkan produk mereka di pasar demi mencegah masalah kesehatan di masa mendatang.

 

Para peneliti menyarankan meski obat herbal tergolong aman namun tetap harus memperhatikan beberapa kaidah termasuk takaran atau dosis penggunaannya. Sebab bahan herbal yang diolah tanpa kaidah pengolahan industri yang baik dan benar kemungkinan tetap membawa bahan kimian alami yang dapat menyebabkan keracunan.

 

Demikian juga dengan takaran (dosis) penggunaan yang berlebihan akan dapat menyebabkan beberapa organ dalam tubuh. Penggunaan obat herbal tanpa dosis yang pas akan menyebabkan organ tubuh bekerja extra sehingga jika terus dipaksakan dalam waktu lama dan jumlah konsumsi dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ tubuh. [ ]

 

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment