Olahraga Yoga Haram ?

Yoga olahraga

Assalamu’alaikum. Wr.Wb.  Pak Aam mohon penjelasannya, saya aktif berolah raga dan suka mencoba beberapa olahraga baru termasuk yoga. Namun saya mendengar kalau olahraga ini (yoga) haram dilakukan umat Islam bahkan kabarnya sudah keluar fatwa dari MUI. Mohon dijelaskan pak ustadz. Terima kasih ( Eliza by email)

 

 

Wa’alaikumsalam.Wr.Wb. Ibu Eliza dan pembaca sekalian, pertanyan ini sering ditanyakan dan kalau tidak salah saya juga sudah menjawabnya beberapa kali. Namun kita akan coba bahas lagi, mudah-mudahan menjadi lebih jelas dan paham. Secara umum, yoga adalah salah satu sejenis olah raga yang tujuannya untuk menyehatkan baik fisik (raga) maupun jiwa untuk membuat kebugaran tubuh. Beberapa orang menyebut olah raga Yoga berasal dan dikembangkan dari luar Indonesia yang konon katanya berawal dari aktivitas do’a atau ritual agama non Islam.

iklan donasi pustaka2

Terkait dengan fatwa MUI yang mengharamkan olah raga yoga, maka harus dibaca secara utuh bahwa setelah saya membacanya dengan rinci dan diskusi dengan para ahli baik ahli fiqh maupun ahli kesehatan maka Yoga ada yang diterkategorikan sebagai aktivitas olah raga dan ada unsur ibadah atau ritual keagamaan. Dalam fatwa MUI tersebut, maka Yoga yang diharamkan adalah Yoga yang di dalamnya ada ritual agama lain. Ritual agama lain itu misalnya ada doa-doa khusus atau mantra-mantra yang dilafalkan baik sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas Yoga dengan tujuan sebagai salah satu dari bagian ibadah agama lain tersebut.

Untuk Yoga yang demikian jelas MUI telah mengeluarkan fatwa haramnya melakukan Yoga jenis ini. Mengapa demikian? Karena dasarnya jelas kita tidak boleh mengikuti ritual ibadah agama lain baik sekedar lisan (doa/mantra) maupun dengan perbuatannya. Dalam Al Quran sudah ditegaskan:

dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu, untukku agamaku.” (QS.Al-Kafirun: 4-6)

Dengan demikian jelas hukum haramnya mengikuti atau berolah raga Yoga jika ada unsur atau ritual agama lain dan itu diniatkan atau dimaksudkan sebagai salah satu ibadah. Sementara itu para ulama juga membolehkan Yoga sebagai olah raga untuk kesehatan saja dimana dalam beryoga tersebut tidak ada unsur atau diselipi ritual agama lain.

Jadi yang dimaksud dengan haramnya olah raga Yoga tidak semua. Adanya informasi bahwa Yoga haram hal itu karena cara penyampaiannya atau membaca penjelasannya fatwa MUI tidak secara utuh dan lengkap sehingga masyarakat khususnya kaum muslimin menganggap Yoga haram mutlak.

Secara keumuman Yoga adalah bagian dari olah raga yang bertujuan untuk membuat raga dan jiwanya sehat. Dalam ajaran Islam sendiri juga dituntut bahwa kaum muslimin itu harus sehat. Salah satu ikhtiar untuk sehat adalah dengan berolah raga apa pun, sepanjang yang disebutkan diatas yakni  tidak boleh ada dicampur dengan ritual ibadah agama lain. Terkait dengan gerakan sedekap tangan dalam Yoga selama itu hanya dimaksudkan untuk melatih konsentrasi atau relaksasi saja maka boleh dilakukan. Namun jika gerakan sedekap tersebut diikuti dengan membaca doa-doa atau mantra-mantra dalam agama lain yang dikaitkan dengan ritual ibadah maka haram untuk dilakukan. Sebab dalam akidah kita tidak boleh tercampur dengan keyakinan agama lain. Sementara ritual doa jika itu bagian dari ritual ibadah agama lain maka itu termasuk dari akidah agama lain.

Teladan kita yakni Rasulullah Saw adalah manusia paling sehat selama hidupnya. Beliau hanya sakit beberapa hari saja, itu pun menjelang beliau wafat saja. Ikhtiar untu tetap sehat dan fit salah satunya dengan rajin berolah raga. Dalam sebuah haditsnya Rasulullah bersabda mukmin yang sehat dan kuat lebih Allah sukai daripada mukmin yang lemah dan sakit.

Kalau kita baca dalam beberapa haditsnya Rasulullah aktif berolah raga, seperti berlari, naik kuda, memanah, bela diri, bermain pedang hingga berenang. Kita juga disunnahkan untuk berolah yang Rasulullah Saw sukai yakni berkuda, memanah dan berenang. Namun demikian tentu tidak semua harus kita lakukan setiap hari. Intinya bahwa seorang muslim itu harus sehat dan salah satu ikhtiar dari usaha untuk sehat adalah dengan berolah raga. Wallahu’alam. [ ]

Editor: iman

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Olahraga Yoga Haram ?”

Leave a Comment