FUI Pastikan Aksi 112 Tetap Digelar

FUI Al Khaththat

PERCIKANIMAN.ID – – Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath megatakan aksi long march yang akan digelar pada Sabtu 11 Februari 2017 atau Aksi 112 dipastikan tak jadi dilaksanakan. Al Khaththath memutuskan untuk memodifikasi aksi tersebut menjadi dzikir dan tausiyah nasional.

Modifikasi aksi ini juga diikuti dengan penggeseran lokasi aksi yang sebelumnya bakal berpusat di Monumen Nasional (Monas) dipindahkan ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

iklan donasi pustaka2

“Untuk itu kami juga menggeser pusat Aksi 112 dari Monas-HI ke Masjid Istiqlal. Hal ini merupakan inisiatif dan kearifan para ulama dan habaib serta pimpinan ormas Islam yang tergabung di dalam FUI untuk menjaga kemurnian dan keselamatan perjuangan umat Islam,” kata Al Khaththath kepada media, di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Ia menerangkan, tujuan Aksi 112 ini tetap seperti semula, yakni menolak penodaan Alquran, menolak kriminalisasi ulama dan penghinaan terhadap ulama, menjaga Pilkada DKI yang jujur dan adil serta mewajibkan umat untuk memilih gubernur Muslim.

Berkaitan dengan penggeseran lokasi aksi yang akhirnya bakal dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Al Khaththath menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Masjid tersebut. Ia juga mengimbau agar peserta Aksi 112 menjaga ketertiban dan keamanan bersama-sama.

“Setelah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal maka kami menyerukan kepada para peserta aksi 112 untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban serta kebersihan lokasi aksi di Masjid Istiqlal dan sekitarnya,” tutup dia.

Dalam konferensi pers ini, turut hadir Ketua DPP FPI Sobri Lubis, perwakilan dari Korps Mubaligh DKI Jakarta serta Koordinator Gerakan Nasional Komando Kawal Al Maidah (Kokam) Mashuri Masyhuda.

Sementara itu Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, ada sekira 28 ribu personel gabungan yang disiapkan untuk mengamankan jalannya aksi yang bakal digelar Forum Umat Islam (FUI) pada 11, 12, dan 15 Februari 2017.

“Cukup banyak, kami ada 23.450, dari Kodam Jaya ada 4.700. Jadi sekira 28.000. Itu tanggal 11, 12, 15 (Februari),” ungkap Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, dilansir dari okezone, Kamis (9/2/2017).

Seperti diketahui, beredar informasi ada sejumlah masyarakat yang tergabung dalam FUI akan melakukan aksi long march dari Masjid Istiqlal ke Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin pada 11 Februari.

Kemudian pada 12 Februari akan menggelar khataman Alquran di Masjid Istiqlal. Sementara pada 15 Februari mereka akan menggelar aksi Salat Subuh dan dilanjutkan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos sekaligus mengawasi proses pemungutan suara.

Namun, Polda Metro Jaya sudah sepakat dengan FUI bahwa aksi pada 11 Februari diganti dengan kegiatan keagamaan yang berlangsung di Masjid Istiqlal yang akan dihadiri sejumlah tokoh Islam. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment