Anak Keranjingan Main Gadget? Batasi Lalu Ajak Perbanyak Amal Shalih, Begini Caranya

Anak gadget

PERCIKANIMAN.ID –  – Kehidupan kita saat anak-anak atau masa remaja tentu sangat jauh berbeda dengan dengan kebiasaan anak-anak kita saat ini. Anak-anak saat ini sepertinya tak dapat dipisahkan dari gadget. Hal ini adalah sebuah keniscayaan yang tak mungkin bisa ditolak seiring dengan kemajuan zaman dengan ragam teknologi. Namun sebagai seorang muslim anak-anak dan remaja masih harus banyak belajar agama dan melakukan amal saleh. Inilah pentingnya orangtua berlaku bijak bukan sekedar memarahi.

Oleh sebab itu, orangtua harus mengambil sikap untuk membatasi anak bermain gadget dan menggunakan media social secara proporsional dan tidak berlebihan. Ingat, sesuai bunyi surah Al-Asr : 103, “Sesungguhnya kita semua adalah orang yang merugi, kecuali orang-orang beriman yang mengerjakan amal saleh.”

Dari ayat tersebut sangat tersebut jelas bahwa setiap menit bahkan detik waktu itu begitu sangat berharga. Untuk itu ajak diri dan keluarga khususnya anak-anak untuk mengunakan waktu singkat di dunia ini dengan mengerjakan amal shalih. Melansir dari Soundvision, Selasa (31/1/2017), berikut cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak mengerjakan amal saleh dengan membatasi main gadget untuk lebih produktif dengan amal shalih

  • Perhatikan diri sendiri

Sebagai orangtua Anda harus memerhatikan dulu perilaku diri sendiri. Pertama, berapa banyak Anda memiliki media sosial, dan dalam satu hari berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi di media sosial? Jika perilaku anak juga demikian, maka mudah untuk menghentikan mereka, yaitu mulai dari diri sendiri.

  • Perbanyak kegiatan ekstrakulikuler anak
BACA JUGA  Agar Shalat Bisa Khusyuk, Lakukan Yang Ini

Tidak punya banyak kegiatan mengakibatkan waktu habis untuk bermedia sosial. Maka, ikut sertakan anak pada kegiatan ekstrakulikuler agar mereka lebih banyak berinteraksi sosial secara nyata. Berilah pemahaman bahwa kehidupan kita adalah di dunia nyata dengan adanya interaksi dan bertatap muka, bukan sekedat chatting di dunia maya.

  • Libatkan ke kegiatan sosial

Kegiatan sosial, selain membuka jaringan berhubungan dengan banyak orang, ini juga mengikutsertakan anak beramal shalih. Sebab, dalam kegiatan itu, anak bisa menjadi relawan, membantu memberdayakan orang dengan keterampilan yang dimiliki. Sesekali lihat mereka dalam pembagian paket atau sumbangan sosial dilakukan oleh jamaah masjid. Selain itu bisa juga diajak ke panti asuhan untuk mengantarkan bingkisan sehingga jiwa sosialnya akan tumbuh.

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto:  pixabay

 

 

(Visited 1 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment