Shalat Subuh Berjamaah Ternyata Membuat Remaja Muslim Lebih Bersemangat

Gerakan Subuh Berjamaah 4

PERCIKANIMAN.ID – – Semangat merupakan kunci menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, kenyataannya remaja kini lebih suka bermalas-malasan. Sehingga, mereka banyak menunda mengerjakan tugas dan tanggung jawab. Sebagai orangtua perlu memahamkan kepada putra putrinya bahwa sifat malas dilarang oleh agama. Sebaliknya sebagai pemuda harus senantiasa bersemangat belajar dan membangun masa depan. Mengutip dari Soundvision, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun semangat remaja muslim.

  • Salat subuh

Tak dipungkiri ibadah shalat Subuh apalagi berjamaah di masjid adalah yang berat cobaan dan godaannya. Rata-rata pada waktu ini orang mengaku masih merasa mengantuk dan dingin sehingga malas untuk bangun pagi apalagi harus pergi ke masjid. Namun jika mengetahui keutamaannya serta hikmah dibalik rahasia shalat Subuh maka orang akan berlomba mendapatkan dibarisan terdepan. Bangun pagi dan shalat Subuh berjamaah di masjid adalah salah satu cara terbaik memulai aktivitas setiap hari. Kebiasaan bangun pagi membuat hidup lebih baik, segar dan bersemangat. Ajak kaum muda untuk bangun pagi lalu shalat Subuh dan berdoa memohon kelancaran aktivitas. Jika bisa dilakukan rutin maka lihat perubuhan postif dalam beberapa hari berikutnya.

  • Menjaga fisik dan emosional

Banyak anak muda lebih cenderung menyerah pada godaan ketika lelah, lapar, atau kesal. Sikap bijaksana para orangtua adalah menahan diri untuk tidak marah-marah dan menyalahkannya.  Lebih baik mencari tahu apa penyebab mereka cepat marah dan malas mengerjakan sesuatu. Melakukan olah raga adalah cara menjaga kondisi tubuh dan emosi agar tidak mudah tergoda dan menunda pekerjaan.

  • Tinggalkan gadget sejenak
BACA JUGA  Mukmin Itu Tidak Malu Akui Kesalahan

Berapa kali anak mudah menghabiskan waktu dengan gadget setiap hari? Beberapa kasus menemukan remaja hanya berkirim pesan dan main game di gadget. Jelas itu tak ada manfaatnya. Maka, tinggalkan gadget beberapa jam, untuk membuat hidup lebih produktif. Ingatkan, gadget bisa membuat pekerjaan dan informasi didapat lebih cepat namun jika gadget digunakan hanya sebagai kesenangan dengan fasilitas games onlinenya hanya akan membuat hidup menjadi malas. Ajak mereka meninggalkan gadgetnya untuk membuat hidupnya lebih produktif. Yakinkan bahwa meninggalkan gadget tak akan membuat ia kehilangan informasi dan update aktivitas.

  • Mulai dari sekarang

Menunda atau menunggu momen yang tepat terkadang hanya mengulur waktu produktif mereka. Cara terbaik adalah memulai dengan sesegera mungkin dan jangan buang waktu dengan menunggu esok hari. Ini adalah cara paling akhir membangun semangat anak muda. Segera! Ya, bersegera mungkin melakukan pekerjaan. Segera membuat komitmen, segera melaksanakan shalat, puasa, dan bangun pagi. Yakinkan bahwa Allah Swt lebih suka kepada hamba-Nya yang bersegera menunaikan kewajibannya.  [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment