Gaji Habis Seperti Percuma ? Lakukan Cara Ini Agar Teratur

uang

 

PERCIKANIMA.ID – – Sering bingung ke mana gaji Anda selama sebulan? Atau bahkan, sering merasa gaji ludes dalam waktu seketika? Mungkin cara Anda mengelola gaji yang salah, makanya gaji Anda seringkali habis tanpa Anda sadari.

Padahal mengelola gaji dengan baik bisa membuat Anda memiliki tabungan, lho. Bukan cuma itu, Anda juga bisa mendapatkan perincian pengeluaran dan pendapatan yang Anda dapat selama sebulan. Seperti dilansir dari liputan6.com, berikut tips agar gaji bisa jadi solusi dan tidak terbuang percuma!

  1. Atur Rasio Hutang

Kebiasaan mencicil terkadang membuat utang Anda menjadi menumpuk, padahal harusnya utang tidak lebih dari 35 persen dari pendapatan. Makanya, Anda harus bisa mengatur rasio utang yang Anda miliki. Jangan sampai, pendapatan Anda lebih kecil dari jumlah utang yang Anda harus bayarkan.

  1. Sisihkan Tabungan di Awal

Sebelum memakai gaji Anda untuk kebutuhan, ada baiknya untuk menabung dulu di awal. Sisihkan 10% – 30% gaji Anda terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan.

  1. Memiliki Investasi

Memiliki investasi merupakan hal yang penting untuk keuangan di masa depan. Kalau masih belum yakin untuk berinvestasi, Anda bisa mulai dengan tabungan deposito.

Sebagai tambahan, bagi seorang muslim tentu dalam hidup harus sesuai dengan ajaran dan tuntunan yang telah digariskan dalam Islam. Salah satunya adalah sikap hidup sederhana dan tidak berlaku boros. Hidup sederhana bukan berarti hidup dalam ‘kemiskinan’ namun lebih pada apa adanya sesuai dengan keuangan yang ada. Sementara hidup boros lebih pada tuntutan pada kebutuhan yang berlebihan pada sebenarnya ia bisa menghemat. [ ]

BACA JUGA  Niat Menikah Hanya Demi Kebutuhan Biologis

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment