Uni Eropa Kecam Rencana Israel Bangun Perumahan di Tepi Barat

Palestina

PERCIKANIMAN.ID – – Rencana Pemerintah Israel yang akan membangun ribuan rumah di kawasan Tepi Barat Sungai Jordan mendapat kecaman dari beberapa Negara termasuk Uni Eropa (UE).

Juru bicara Dinas Aksi Luar Negeri Eropa (EEAS) mengatakan tindakan Israel yang akan membangun sekira 2500 rumah di Tepi Barat akan sangat merusak prospek penyelesaian perdamaian dua negara.

“Sangat disesalkan bahwa Israel melanjutkan kebijakannya, meskipun masyarakat internasional terus menyampaikan keprihatinan dan keberatan, yang telah disampaikan pada semua tingkat,” kata seorang juru bicara Dinas Aksi Luar Negeri Eropa (EEAS), Dinas Diplomatik UE di dalam satu pernyataan seperti dilansir Xinhua dan dikutip dari antaranews, Rabu (25/1/2017).

Perdana menteri Israel Benyamin Netanyahu dan menteri pertahanannya telah sepakat untuk menyetujui pembangunan 2.500 rumah baru di Permukiman Yahudi di Wilayah Pendudukan Tepi Barat, kata satu pernyataan dari Kementerian Pertahanan.

Sebagian besar rumah akan dibangun di beberapa blok permukiman, kata kementerian. Ditambahkannya, pembangunan rumah baru tersebut akan disetujui untuk menjawab kebutuhan akan perumahan dan kelanjutan kehidupan sehari-hari.

Israel merebut Jerusalem Timur dalam Perang Timur Tengah 1967, bersama dengan bagian lain Tepi Barat dan Jalur Gaza. Israel belakangan mencaplok Jerusalem Timur dan mengumumkannya sebagai bagian dari ibu kota Israel yang kekal, tindakan yang tak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Beberapa pihak menilai rencana Israel yang akan meneruskan pembangunan rumah di Tepi Barat hanya akan memperkeruh suasana di Timur Tengah khususnya wilayah Palestina. [ ]

Red: admin

BACA JUGA  Merasa Muak Dengan Penjajahan Israel, Pemuda Palestina Surati Donald Trump

Editor: iman

Ilustrasi foto: eurotoday

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment