Ratusan Ulama Gelar Pertemuan di Mojokerto Bahas Persoalan Bangsa

Ulama Jatim

PERCIKANIMAN.ID – – Ratusan kiai dan ulama seluruh Indonesia menggelar pertemuan di Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadlul Jannah, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (21/1/2017).

Tampak hadir dalam pertemuan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin, KH Sholahuddin Wahid, KH Ali Akbar Marbun dari Medan, KH M. Sodri dari Jakarta, KH Amin Hamid dari Magelang dan beberapa kiai sepuh lainnya.

Selain itu, dua tokoh nasional yakni mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh dan Mantan Ketua DPR RI Marzuki Ali hadir pula dalam pertemuan itu. Para kiai dan tokoh nasional ini membahas tentang pembangunan ekonomi di kalangan pesantren.

“Para kiai ini ingin memberikan peran terutama dalam pemberdayaan ekonomi bangsa. Bagaimana menjadikan umat ini tidak hanya menjadi beban negara, tapi menjadikan umat yang mandiri dan memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara,” kata KH Ma’ruf Amin, seperti dikutip dari okezone.com.

Selain itu, para kiai ini mengaku perihatin atas gejolak yang akhir-akhir ini selalu menimpa bangsa Indonesia. Maka itu, para kiai juga akan menelurkan berbagai usulan kepada pemerintah terkait dengan persoalan yang menimpa bangsa ini.

“Para kiai ini akan membuat usulan bagaimana bangsa ini utuh saling bersatu dan tidak ada terjadi kesalahpahaman antara kelompok satu dan lain,” tambahnya.

Namun, KH Ma’ruf Amin belum dapat memberikan gambaran secara rinci terkait dengan usulan tersebut. Menurutnya, usulan tersebut baru akan dibahas pasca acara tersebut selesai. Para ulama ini akan menggodok kajian-kajian guna kepentingan bangsa ini.

BACA JUGA  Ingin Berdakwah, 2 Muslimah Dari Sydney Ini Luncurkan Makanan Halal Untuk Bayi

“Para kiai ini prihatin sehingga perlu ada upaya-upaya solusi kebangsaan. Supaya bangsa ini lebih bersatu. Usulannya masih akan dirumuskan. Saya nendukung upaya itu, karena itu positif,” pungkasnya. []

 

Red: admin

Editor: iman

Foto: okezone

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment