Teliti Travel Sebelum Berangkat, Hindari Sistem Umrah MLM

ihaji umroh

PERCIKANIMAN.ID — Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis meminta umat Islam di Indonesia agar lebih teliti dan semakin cermat memilih travel umrah. Ini untuk menghindari kembali terjadinya kasus penelantaran jamaah umroh oleh pihak travel tidak perlu terjadi jika masyarakat teliti memilih travel.

“Masyarakat harus teliti, terutama menyangkut harga tiket yang terkadang tidak rasional sehingga banyak jamaah tergiur dengan harga murah tersebut,” kata Iskan, dikutip dari Republika.co.id, Selasa (10/1/2017).

Apalagi sekarang, kata dia, saat ini sudah marak travel dengan sistem multi level marketing (MLM). Walaupun Kemenag melarang dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) memfatwakan haram, tapi Iskan meragukan apakah Kemenag sudah mengeceknya.

“Jangan-jangan masih banyak yang beroperasi sehingga akan banyak pula korban berjatuhan,” katanya.

Anggota DPR Fraksi PKS ini berharap, masyarakat semakin berani. Terutama, bagi siapa saja yang merasa tertipu oleh oknum travel umrah. Mereka diminta segera melapor kepada komisi VIII DPR RI dan aparat penegak hukum.‎

Sebagaimana diketahui saat ini masih ada masyarakat yang menawarkan perjalanan umrah dengan cara mengajak orang lain terlebih dahulu jadi anggotanya (member) dengan sistem MLM. Semakin banyak orang yang bergabung makan semakin besar potensi untuk bisa berangkat dengan biaya yang relative murah bahkan dibawah standar biro haji umrah yang ditetapkan pemerintah. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: kemenag

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment