Bolehkah Shalat Tahajud Dikerjakan Sebelum Tidur?

shalat

Assalamu’alaikum. Pak Aam mau tanya, bolehkan tahajud dilakukan sebelum tidur dan bagaimana hukumnya jika dilakukan sebelum tidur? Terima kasih ( Marlina by bbm)

 

Wa’alaikumsalam. Masalah shalat tahajud sebenarnya sudah sering ditanyakan dan sering kita bahas. Namun tidak ada salahnya agar semakin paham kita akan bahas secara singkat mudah-mudahan dapat menjawab bagi Anda yang masih belum paham. Sebagian ulama mengambil dalil tentang tahajud atau shalat malam (qiyamul lail) ini pada beberapa ayat Al Quran dan kebiasaan Rasulullah Saw. Dalam Al Quran seperti yang dijelaskan:

Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. Hud : 114)

Dan pada sebahagian malam hari dirikanlah shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Isra: 79)

Kembali ke pertanyaan Anda, bolehkah tahajud dikerjakan sebelum tidur maka jawabnya boleh saja, namun namanya bukan tahajud, tapi qiyamul lail.  Dinamakan shalat tahajud itu karena diselingi tidur terlebih dahulu. Rakaat dalam tahajud bisa dilakukan sebanyak 11 rakaat dengan dua cara, pertama dilakukan 4 rakaat  2 kali, diakhiri 3 rakaat, tanpa tahiyatul awal. Kedua bisa dilakukan dengan 2 rakaat salam sebanyak 4 kali dan diakhiri dengan 3 rakaat witir.

Namun, yang sering dilakkukan Nabi merujuk pada hadits Aisyah ra dari  shahih Bukhari,  Rasulullah Saw sering melakukan shalat tahajud dengan 4 rakaat 2 kali dan diakhiri 3 rakaat. Keutamaannya sama saja antara qiyamul lail dan tahajud, bedanya qiyamul lail dilakukan sebelum tidur, kalau tahajud didahului tidur dahulu.

BACA JUGA  Meraih Kemenangan Hakiki  (Bedah Al-Quran Surat al-Hajj ayat 40-41)

Kalau di bulan Ramadhan yang 11 rakaat itu dinamakan tarawih, maka tidak perlu lagi shalat tahajud. Seshalih-shalihnya Rasul belum ada riwayat yang menjelaskan Rasul mengerjakan tawarih kemudian dilanjutkan shalat tahajud. Tentang keutamaan shalat tahajud atau qiyamul lail dan shalat sunnah lainnya bisa dibaca dalam buku saya yang berjudul “Melangkah ke Surga dengan Shalat Sunat”. Wallahu’alam. [ ]

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui i Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/
buku shalat sunat tarawih

(Visited 10 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

One Thought to “Bolehkah Shalat Tahajud Dikerjakan Sebelum Tidur?”

  1. Adria

    Bismillah.. izin bertanya. Apakah tidur sebelum melakukan shalat tahajud harus dilakukan setelah waktu isya? Bagaimana jika kita tertidur antara waktu maghrib dan isya kemudian berniat melakukan shalat tahajud? Apakah tetap terhitung tahajud atau qiyamul lail saja?
    Jazakallahu khairan katsira.

Leave a Comment