Dibalik Pedasnya Cabai Ternyata Bisa Bunuh Sel Kanker

cabai-1

PERCIKANIMAN.ID – – Naiknya harga cabai akhir-akhir bagi sebagaian orang dianggap tak berbengaruh apa-apa namun tidak demikian bagi mereka yang berselera makan pedas. Makan pedas dengan bumbu cabe yang dominan ternyata akan berdampak pada kesehatan. Selain dapat menambah selera makan, ternyata rasa pedas cabai juga dapat membantu memerangi sel kanker.

Belum lama ini pakar dari Universitas Ruhr di Bochum, Jerman mengatakan komponen pedas dalam cabai bisa menjadi pertahanan spesial di membran sel di sekeliling tumbuhnya kanker. Rasa cabe yang pedas yang mempunyai rasa yang “khas” dapat  menyebabkan sel merusak dirinya sendiri.

Dr Lea Weber yang memimpin penelitian menjelaskan hasil penelitian di jurnal Kanker Payudara-Target dan Terapi mengatakan,

“Capsaicin mampu menyebabkan kematian sel dan menghambat pertumbuhan sel kanker di banyak jenis kanker contohnya, kanker tulang osteosarcoma, kanker usus, dan kanker pankreas sementara sel normal tak akan tersakiti,” katanya seperti dilansir daily mail akhir pekan ini.

Capsaicin secara spesifik akan memicu sel reseptor yang disebut TRPV 1, yang mengontrol zat pertumbuhan kanker yang memperoleh makanan.

Sementara capsaicin bertarung melawan sel kanker, sel tersebut akhirnya akan tumbuh dengan merusak dirinya sendiri. Seiring dengan semakin banyaknya sel kanker yang mati, tumor akan berhenti membesar.

Namun, bahan kunci itu tak akan efektif kalau cuma dikonsumsi biasa saja. Zat itu harus diformulasikan dalam tablet dan dikombinasikan dengan obat-obatan lain yang menyasar sel kanker. Dengan demikian dapat dipahami bahwa dibalik pedasnya cabai ternyata bermanfaat bagi upaya membunuh sel kanker. Namun tentu saja terlalu banyak mengkonsumsi banyak cabai juga dapat berpotensi sakit perut atau diare.[ ]

BACA JUGA  Al Quran dan Sains Jelaskan Keutamaan ASI

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment