Bahaya Riya dan Cara Mengatasinya

sedekah-memberi

Assalamu’alaikum wr.wb. Ustadz mohon dijelaskan apa saja bahaya sifat riya (sombong) dan  bagaimana cara mengatasi agar kita jauh dari riya ? Terima kasih ( Mita by email)

 

Wa’alaikumsalam wr.wb.  Riya merupakan salah satu penyakit hati yang sangat tipis atau halus sifatnya karena terkadang ini tipis sekali dengan ikhlas. Namun demikian, sifat riya ini harus dihindari dan berusaha untuk senantiasa ikhlas hanya untuk mengharap ridho Allah Swt.

donasi perpustakaan masjid

Jika  seseorang mempunyai bersifat riya maka ia akan cenderung ingin menampakkan kebaikan-kebaikan di depan orang lain dengan maksud ingin mendapat pujian dan sanjungan dari orang lain. Dengan demikian orang yang  memiliki rasa riya saat beribadah, bukan ridho dan berkah Allah yang  diharapkan, melainkan pujian dari orang lainlah yang ingin didapatkan.

Bahaya sifat riya memang sangat fatal karena semua ibadah kita akan ditolak oleh Allah Swt dan tidak akan bernilai apa-apa selain yang diharapkan dari manusia. Beberapa bahaya riya antara lain:

  • Hilangnya pahala. Sifat riya membuat pahala sedekah terkikis dan membuat amalan-amalan baik yang telah kita lakukan tidak bernilai di hadapan Allah atau hanya mendapat pujian manusia saja.
  • Celaka di akhirat. Sifat riya membuat seseorang merasa telah berbuat kebaikan dan mendapatkan banyak pahala, namun akan mendapat azab yang dahsyat di akhirat kelak.
  • Termasuk sifat syirik tersembunyi. Sifat riya termasuk perbuatan syirik khafi (tersembunyi) yang bisa merusak ibadah tanpa terasa atau tanpa disadari.
  • Ditinggalkan Allah. Sifat riya merupakan sifat yang sangat dibenci Allah Swt sehingga barang siapa yang memelihara sifat tersebut akan ditinggalkan oleh Allah dan jauh dari pertolongan-Nya.

Mengingat sifat riya dapat kecelakaan atau kerugiannya dunia hingga akhirat maka itu, selain kita melakukan cara menghilangkan sifat angkuh, kita perlu mengetahui cara menghindari sifat riya’ yang secara tersembunyi dan diam-diam ada di hati kita. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari sifat riya ini:

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 3 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment