Pemerintah Didesak Segera Tingkatkan Mutu PTAI

universitas kampus

PERCIKANIMAN.ID – – Memasuki tahun 2017, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag), diminta untuk semakin meningkatkan mutu perguruan tinggi agama Islam (PTAI). Menurut anggota Komisi VIII DPR Ledia Hanifa, pemerintah perlu berfokus pada soal kurikulum yang berlaku di PTAI.

“Memastikan standar kurikulum yang dipergunakan untuk program studi dan jenjang yang sama di seluruh Indonesia,” ungkap Ledia Hanifa seperti dikutip dari republika online, Jumat (5/1/2017).

Sebelumnya, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag mengungkapkan masalah sumber daya manusia (SDM) menjadi fokus utama dalam tahun 2017 ini. Menurut Direktur PTI Kemenag, Amsal Bakhtiar, program peningkatan kualitas dosen sudah dilakukan sejak 2015, yakni melalui program 5.000 doktor. Kemenag memberikan beasiswa kepada dosen-dosen PTAI untuk mengambil gelar doktor.

“Kita harapkan ke depan, 80 sampai 90 persen dosen (PTAI) doktor,” kata Amsal.

Sementara dilansir dari bps.go.id setidaknya di Indonesia hingga 2016 ada 53 PTAI Negeri dan sekira 625 dikelola pihak swasta dengan total mahasiswanya (negeri dan swasta) sekira 700 ribu mahasiswa berbagai jenjang strata.      Sementara jumlah tenaga pengajarnya atau dosen ada 12 000 orang untuk PTAI Negeri dan      14 700 untuk yang swasta. Tak dipungkuri dari jumlah dosen tersebut masih ada yang lulusan sarjana (S1) khususnya di daerah. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment