Ingin Kredit Rumah Tanpa Bank Tanpa Riba? Ini Solusinya

Setiap muslim pasti mendambakan memiliki keluarga yang sakinah, mawadah dan penuh rahmah (samara). Inilah konsep keluarga yang islami dan surgawi seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw. Dalam skala yang lebih besar, setiap muslim pasti menginginkan lingkungan yang islami pula, yakni tinggal di lingkungan yang terdiri dari keluarga-keluarga samara.

Tinggal di lingkungan yang islami merupakan karunia sekaligus “rezeki” yang tak ternilai harganya. Penghuni dalam lingkungan yang demikian insya Allah hidup dalam “surgawi dunia’ dan insya Allah menjadi para penghuni surga kelak.

Konsep lingkungan yang islami memang memiliki ciri dan “keunikan” tersendiri. Masyarakat yang tinggal di hunian ini diajarkan untuk menanamkan nilai-nilai sekaligus mengamalkan apa yang diajarkan Islam. Dalam bergaul dan bertangga, juga dibatasi dan diatur dengan etika islami yang telah dicontohkan nabi.
Dari sisi arsitektur ataupun fisik lingkungannya pun harus tercermin dan mengusung serta menonjolkan nilai-nilai Islam. Terlihat dari bentuk bangunannya serta tidak menampakkan aurat penghuninya yang dapat terlihat dari luar rumah. Hal ini tercermin dari posisi dan tata letak ruangan serta furnitur yang mengikuti aturan agama juga menjadi ciri khas rumah Islami seperti penempatan kloset kamar mandi yang tidak mengarah ke kiblat ataupun membelakanginya. Demikian furnitur yang digunakan pun tidak berlebihan, sederhana dan tidak terkesan bermewah-mewahan namun tetap terlihat anggun, mempesona serta mengundang keberkahan.

Lingkungan perumahan islami sesuai syariat sejatinya mendukung aktivitas ibadah secara berjamaah termasuk menuntut ilmu agama. Dengan demikian hadirnya Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), pengajian dan masjid adalah sebuah keniscayaan. Begitu pun hadirnya fasilitas pendukung lainnya seperti sarana sosial yang islami. Seperti arena olahraga yang memisahkan antara pria dan wanita yang bukan muhrimnya, atau pengaturan waktu penggunaan sehingga tidak menimbulkan fitnah.

Di lingkungan perumahan islami pun ada beberapa aktivitas tidak diperkenan untuk dikerjakan sesuai larangan dalam ajaran Islam, seperti memelihara anjing, menjual maupun mengonsumi miras dan sebagainya. Tentu hal ini untuk menjaga keharmonisan dalam hidup bertetangga.

rumah
Model Rumah Royal Orchid Villa

Bebas Riba
Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam memperoleh hunian dalam lingkungan islami adalah cara mendapatkannya. Idealnya adalah membeli hunian dengan cara tunai (cash). Namun sekiranya harus dilakukan dengan cara mencicil (kredit) maka tentu saja harus sesuai dengan syariah sesuai ajaran Islam. Dalam transaksinya harus terbebas dari unsur riba, masyir (judi), gharar (ketidakpastian), suap, maksiat dan barang haram lainnya.

Menurut bahasa atau lugat, pengertian riba artinya ziyadah (tambahan) atau nama’ (berkembang). Sedangkan menurut istilah pengertian dari riba adalah penambahan pada harta dalam akad tukar-menukar tanpa adanya imbalan atau pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara batil.
Di dalam ayat Al-Qur’an, Allah Swt melarang orang Mukmin memakan riba sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah ayat 278:

يَايُّهَا الَّذِىْنَ أَمَنُوْا التَّقُوْا اللهَ وَذَرُوْا مَابَقِيَ مٍنَ الرِّبَوا اِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِيْنَ

Artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut), jika kamu orang yang beriman.” (Q.S. Al-Baqarah: 278)

Saat ini, hanya sedikit saja di antara masyarakat yang membeli rumah secara tunai. Kebanyakan mereka membelinya secara kredit menggunakan fasilitas pinjaman bank baik itu bank konvensional maupun syariah. Mengenai hal ini, ada pendapat ulama terbagi menjadi dua. Ada yang mengharamkannya, namun ada pula yang menghalalkannya dengan alasan darurat.

Namun tentu saja, semua kembali kepada setiap muslim dalam mengambil pilihan. Tetapi kita sebagai muslim yang cerdas tentu perlu menghindari hal-hal yang bersifat syubhat. Selain itu, saat ini pun ada banyak cara dan strategi yang dapat ditempuh untuk membeli rumah tanpa harus menggunakan jasa pinjaman dari pihak ketiga dalam hal ini, bank.

Salah satu pilihan yang dapat diambil adalah membeli properti yang menawarkan pembelian dengan skema cicilan langsung ke pengembang/developer. Skema ini sesuai dengan prinsip hukum syariah yang menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Didalam akadnya hanya ada 2 pihak, yaitu pihak penjual dan pihak pembeli, tanpa ada pihak ketiga atau bank di dalam akad jual beli tersebut. Skema ini kita sebut saja skema kredit rumah syariah.

Khusus bagi Anda yang sedang mencari hunian di Kota Bandung, saat ini tersedia perumahan yang menawarkan skema kredit rumah syariah. Perumahan tersebut adalah ROYAL ORCHID VILLA yang terletak di kawasan sejuk di perbukitan Cipageran kota Cimahi.

Menurut Direktur Utama ROYAL ORCHID VILLA Arief Sungkar, perumahan ini dibangun dengan konsep 100 persen sesuai kaidah hukum syariah, baik dari sisi kawasan lingkungan, arsitektur bangunan maupun akad pembeliannya.

“ROYAL ORCHID VILLA adalah perumahan syariah yang tidak melibatkan jasa perbankan, baik syariah apalagi konvensional. Sehingga jika Anda ingin membelinya dengan cara kredit, maka Anda akan tetap terbebas dari sistem riba, gharar, maisyir dan segala praktek curang lainnya,” ungkap Arief.
Murni Syariah

Arief menjelaskan, pembiayaan secara kredit rumah syariah di ROYAL ORCHID VILLA dapat dikatakan murni syariah karena beberapa hal penting yang membedakan dengan fasilitas KPR bank konvensional maupun syariah.

”Di antaranya transaksi tidak melibatkan pihak ketiga (bank), pembiayaan langsung ke developer, cicilan tanpa bunga tanpa denda. Tanpa akad bermasalah, konsumen tanpa harus melewati proses BI Checking. Kami juga tidak melakukan sita, karena rumah langsung menjadi milik konsumen setelah diserah-terimakan. Selain itu cicilan bersifat flat atau tak ada kenaikan angsuran akibat perubahan karga,” jelas Arief.

Dengan konsep kredit rumah syariah tersebut, Arief yakin konsumen akan terhindar dari ancaman riba dan dosa. Konsumen akan merasa tentram karena konsep syariah sudah diterapkan sejak dari memilih hunian hingga terjadinya transaksi. Semua dilandasi prinsip dan semangat mengamalkan konsep syariah sesuai ajaran Islam yang sempurna, mudah, adil dan mulia. terangnya.

brosur

Lingkungan Sejuk dan Strategis

Dengan mengusung konsep “Modern Islamic Harmonic Living” ROYAL ORCHID VILLA sangat layak menjadi pilihan. Di perumahan ini akan dibangun sekitar 200 unit di lahan seluas 2,2 Ha. Perumahan ini sangat strategis karena terletak di dekat pusat Kota Cimahi dengan udara sejuk dan lingkungan alam asri, bersih dan indah.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan ROYAL ORCHID VILLA :

LOKASI:
• Hanya sekira 5 km ( 10 menit) dari Pusat Kota dan Pemerintahan Cimahi ( Balai Kota, DPRD, Alun-alun, Masjid Agung)
• Hanya sekira 6 km (12 menit) dari Pusat Bisnis dan Perbelanjaan Cimahi Trade Mall (CTM)
• Hanya sekira 6 km (13 menit) dari Stasiun Kota Cimahi dan Sekolah-sekolah Islam Favorit
• Hanya sekira 7 km (15 menit) dari RSUD Kota Cimahi, RS Mitra Kasih dan RS Dustira
• Hanya sekira 5 km (10 menit) dari Pusat Rekreasi Keluarga Alam Wisata Cimahi (AWC) dan Air Terjun Curug Cimahi.
• Hanya sekira 5 km (10 menit) dari Universitas Jend.Ahmad Yani (Unjani)
• Hanya sekira 15 km (25 menit) dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung dan Terminal Bus Utama Leuiwipanjang
• Hanya sekira 10 km (17 menit) dari Pintu Toll Padalarang dan Pasteur
• Hanya sekira 12 km (20 menit) dari Wisata Alam Lembang (Tangkuban Perahu)
• Hanya sekira 7 km (15 menit) dari Kampus Polban dan UPI
• Hanya sekira 10 km (17 menit) dari Kampus Unpad dan ITB
• Hanya sekira 17 km (30 menit) dari Paris Van Java (PVJ) dan Cihampelas Walk (Ciwalk).
• Hanya sekira 20 km (40 menit) dari Gedung Sate dan Gasibu
•Hanya sekira 23 km (45 menit) dari Trans Studio Mall (TSM)

FASILITAS :
– Terdiri dari Beberapa Tipe Rumah dengn konsep Villa yang Ramah Lingkungan Hingga Membuat Hunian Kian Nyaman
– Ruko dan pendukung kegiatan ekonomi yang mandiri
– Masjid sebagai Pusat Kegiatan Islami
– Rumah Tahfidz dan Ruang Serbaguna serta Ruang Belajar
– Gratis Belajar di Rumah Tahfidz bagi Anak-Anak Penghuni Perumahan
– Majlis Ta’lim dan Komunitas Bisnis Islami
– Lubang Biopori di Setiap Rumah
– Tempat Sampah Organik dan Nonorganik di Setiap Rumah
– Bibit Tanaman Obat, Buah, atau Sayuran yang Bisa Dipilih untuk Ditanam
– Taman Hijau Area Bermain untuk Umum
– Arena Olahraga
– One Gate System
– CCTV 24 Jam
– Petugas Keamanan 24 Jam
– Jalan Utama Lebar 8 meter dan Jalan Pendukung Lebar 6 meter
– Kolam renang pribadi untuk tipe 65
– Dilengkapi dengan tangga kolam renang
-On/Off lampu secara otomatis
– Mengatur temperature ruangan otomatis
– Kontrol rumah secara online system
– Panel Surya untuk swadaya listrik
– Kapasitas sampai 1500 w per hari
– Menghemat tagihan listrik
* Tersedia 200 unit dengan 3 tIpe terbaik ( Type 38/72, Type 65/78 dan Ruko 100/50)
Harga mulai Rp. 400 jutaan

CARA MENDAPATKAN UNIT
Dapatkan informasi akurat mengenai perumahan ini dengan mengirim data Anda via pesan WhatsApp dengan format:
ROV_NAMA_ALAMAT_NO.WA_EMAIL
Ke WA: 08121041637

Lalu, Apa yang akan Anda Dapatkan setelah menghubungi kami?
1. Silaturrahim yang akrab dan hangat serta penuh kekeluargaan sebagai bagian dari ukhuwah islamiyah
2. Memperkenalkan skema perumahan syariah tanpa riba.
3. Mendapatkan prioritas memilih unit sesuai Nomor Urut Pemesanan (NUP) yang terdaftar.
4. Menjelaskan investasi syariah terbaik yang bisa dilakukan oleh setiap orang
5. Konsultasi syariah via online setelah gathering
6. Pengenalan Lokasi Proyek Royal Orchid Villa
Insya Allah kami akan memberikan update informasi kepada para peminat. Jangan sampai Anda menyesal melewatkan kesempatan mendapatkan hunian dan investasi yang islami di kawasan perumahan syariah terbaik di Kota Cimahi ini.

Informasi:

CP: Arief Sungkar
Call/WA: 08121041637
Web: kreditrumah-syariah.com

REKOMENDASI

Leave a Comment