Ketika Menemukan Surat Talak yang Sudah Lama Tersimpan

surat

Saya baru menemukan surat talak setelah dua tahun lamanya surat itu tersimpan di dalam lemari. Bagaimana hukumnya ustadz, apakah surat talak itu berlaku sejak suami menuliskan surat itu atau setelah saya menemukan surat tersebut? Mohon penjelasannya.

 
 

Pertama, harus konfirmasi terlebih dahulu kepada suami apakah dia itu benar-benar mentalak Anda atau tidak. Bila ternyata surat tersebut memang tidak pernah dilayangkan kepada Anda dan hanya disimpan saja oleh suami, maka tidak terjadi talak dalam artian yang sebenarnya. Mungkin dia sedang emosi lalu menulis tersebut dan itu hanya sebagai pelampiasan emosinya. Kalau demikian kejadiannya, tentu saja tidak mengubah status pernikahan Anda.

Kalaupun memang telah terjadi talak dan suami benar-benar melakukan itu, silakan evaluasi dan lihat kapan terakhir kali Anda berhubungan badan dengan suami. Karena, bisa jadi bila suami menulis surat di bulan (misalnya) April dengan asumsi istri telah membacanya, maka terjadi talak.

Akan tetapi di bulan Mei Anda berhubungan badan dengan suami, maka dapat diartikan telah terjadi rujuk. Perlu diketahui bahwa rujuk ada dua jenis, verbal dan nonverbal. Rujuk verbal adalah rujuk yang dicuapkan secara lisan maupun tulisan, sedangkan rujuk nonverbal adalah perilaku dan kegiatan kita sehari-hari.

Bila setelah jatuh talak hubungan Anda kembali mesra dan masa iddah belum berakhir meskipun suami tidak mengucapkan rujuk, maka dapat dikatakan kembali bersama (dalam pernikahan) tanpa harus mengucapkan akad lagi. Karenanya, bila menemukan surat seperti itu, segera konfirmasi kepada suami. Bila suratnya memang tidak disampaikan kepada anda, tentu saja tidak ada talak yang dijatuhkan kepada Anda. Wallau a’lam bishawab.

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment