Percikan Iman Cetak Pengajar Al-Quran Lewat Metode Tilawati

tilawati

PERCIKANIMAN.ID – Sebagai wujud nyata pembinaan dan pembelajaran Al-Quran kepada ummat, Yayasan Percikan Iman mengggelar program pelatihan Metode Tilawati bagi para pengajar. Pelatihan metode pembelajaran khusus bagi para pengajar (training for trainer) ini dilaksanakan di Gedung Galeri Dakwah Percikan Iman, Jalan Inhofftank Kota Bandung, Sabtu (17/12/2016).

Menurut keterangan Ketua Bidang Dakwah Percikan Iman Ihsan Kamil, pelatihan ini diikuti oleh para pengajar dari sejumlah daerah yang memperoleh wakaf Al-Quran dari program Wakaf Sedekah Membumikan AlQuran Percikan Iman 103 OZ Bandung.

“Peserta hari ini datang dari beberapa wilayah yang pernah menerima wakaf seperti Ranca Buaya Garut, Cililin Kabupaten Bandung, Baleendah Kabupaten Bandung, dan sisanya adalah para penerima wakaf,” terang Ihsan

Dalam kegiatan ini, sekitar 20 peserta mendapatkan pengajaran metode Tilawati sejak pagi hingga sore hari dari Ustadz Lailatul Qadar.

“Harapannya, mereka yang terlibat dalam pelatihan hari ini dapat mengajarkan metode ini di daerahnya, sehingga akan lebih banyak umat yang dapat membaca AlQuran dengan baik,” papar Ihsan.

Program pelatihan Metode Tilawati untuk para pengajar ini, menurut Ihsan merupakan langkah awal dari program-program lainnya dalam upaya pembinaan dan pengajaran Al Quran kepada masyarakat.

metode tilawati
Kegiatan pelatihan Metode Tilawati oleh Ustadz Laylatul Qadar kepada para pengajar sebagai salah satu bentuk pembinaan dan pembelajaran dari program Wakaf Sedekah AlQuran Percikan Iman

Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata dari Aksi Bela AlQuran yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat saat ini. “Melalui pelatihan ini, kami dari Bidang Dakwah Percikan Iman ingin menyebarkan AlQuran sekaligus juga meberikan keterampilan atau skill kepada para pengajar, sehingga aksi bela AlQuran terasa nyata ketika para pengajar ini membantu memberantas buta huruf AlQuran di daerah-daerah,” papar Ihsan.

Ia menambahkan, alasan pemilihan Metode Tilawati sebagai cara pembelajaran membaca AlQuran karena hasilnya efektif dibandingkan metode lainnya. Selain itu, Metode Tilawati ini juga sudah cukup lama digunakan oleh Yayasan Percikan Iman. Sudah lima tahun Metode Tilawati diterapkan di berbagai kegiatan seperti pembinaan akitivis, di sekolah Taman Firadus dan berbagai aktivitas lainnya.

“Metode ini telah terbukti membantu pembelajaran Al Quran secara mudah, cepat dan tepat. Tidak itu saja, secara kualitas bacaannya pun lebih baik. Bila diterapkan secara intensif setiap hari, seseorang bisa lancar membaca Alquran dalam waktu tiga bulan saja,” tandas Ihsan.

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment