Momen-momen Istimewa Bagi Umat Islam

kota Mekkah

PERCIKANIMAN.ID – – Sejarah adalah guru yang paling jujur dan adil karena sejarah mengungkap fakta yang sebenarnya. Darinya kita bisa belajar dan mengambil hikmah untuk membuat sejarah selanjutnya. Setiap peradaban maupun bangsa pasti mempunyai sejarah. Demikian juga dalam peradaban Islam ada sejarah gemilang yang dapat memotivasi kita sekarang untuk menjadi lebih baik.

Dihimpun dari berbagai sumber berikut sejarah yang perlu kita tahu dan bisa menjadi bahan cerita kepada putra putrid kita untuk menjadi bahan motivasinya:

promooktober1
  • 630 Mahesi adalah tahun dimana Mekah ditaklukan oleh umat Muslim.

Tepatnya tanggal 10 Ramadhan 8 Hijirah. Ketika itu Nabi Muhammad beserta 10 ribuan umat muslim memasuki Mekah dan menguasainya tanpa pertumpahan darah. Sebelumnya tahun 627 Madinah dikepung selama 20 hari oleh kaum Quraisy, umat Muslim berhasil bertahan. Pasca menduduki Mekah, umat Muslim juga menghancurkan semua berhala dilinkungan Masjidil Haram. Peristiwa perebutan Mekah secara damai ini kita kenal sebagai Fathul Makkah atau Pembebasan Mekah.

  • 2 Ramadhan tahun 2 Hijriah merupakan hari bersejarah dalam Islam.

Pasalnya, hari Jumat itu 313 umat Muslim diserbu seribuan musyrikin dari Mekah. Perang dilembah Badar ini disebut-sebut sebagai perang tersukses umat Islam. Meski tengah berpuasa, umat Islam berhasil memenangkan peperangan. Bahkan, Allah mengabadikan kejadian ini dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 123.

  • 360 berhala dihancurkan oleh Khalid bin Walid di hari kelima terkahir bulan Ramdhan 9 Hijriah.

Rasul mengutus Khalid untuk menghancur patung bernama Al-’Uzza di daerah Nakhla. Menurut kepercayaan Jahiliyah, Al-’Uzza adalah dewa teragung. Hancurnya berhala ini berserta ratusan lainnya menyudahi penyembahan berhala di daerah itu seketika. Uniknya, diakhir bulan Ramadhan ketika itu, penduduk Nakhla hampir seluruhnya memeluk Islam.

  • 711 Masehi Andalusia jatuh ketangan umat Islam.

Wilayah Andalusia meliputi sebagian semenanjung Iberia, sekarang Spanyol dan Portugal. Penaklukan yang dikomando Tariq bin Ziyad berbuah sukses. Strategi Tariq adalah dengan membakar kapal pasukannya selepas mendarat di Gibraltar. Sehingga tak ada peluang untuk mundur, pilihannya merebut kemenangan atau mati syahid. Tepatnya 28 Ramadhan tahun 92 Hijriah, Tariq berhasil merebut Andalusia. Wilayah ini dikuasai umat Islam selama delapan abab sampai tahun 1492.

  • 80 ribu pasukan Alfonso VI berhasil dihadang oleh tentara muslim saat hendak menduduki Zallaqah (kota di Portugal, kini), salah satu Wilayah Andalusia.

Peristiwa yang terjadi di Bulan Ramadhan tahun 459 Hijriah ini, merupakan gempuran terbesar. Sadar pasukannya tak akan mampu membendung prajurit Alfonso VI, Al Muktamin gubernur Cordova waktu itu memimta bantuan Sultan dari Dinasti Murabit, Yusuf bin Tahsyifin. Dengan bantuan pasukan dan logistik, umat  Islam menang, Andalusia masih milik umat.

  • 658 Hijriah, bulan Ramadhan, merupakan momentum bagi umat Islam.

Sebelumnya serbuan tentara Mongol, yang dipimpin oleh Hulagu Khan berhasil menggulingkan Bagdhad dan sebagian besar wilayah Islam. Kini saatnya, merebut kembali kejayaan. Bagdhad merupakan simbol kebesaran Dinasti Abasiah, sekaligus pusat pemerintahan dan budaya ketika itu. Serangan balik umat Islam dilancarkan ke Palestina yang ketika itu dikuasai Mongol. Di bawah pimpinan Sultan Muzaffar Saifuddin Qutuz dari dinasti Mamluk, pasukan muslim berhasil merebut Palestina. Peristiwa ini disebut juga pertempuran Ain Jalut. [DBS]

Red: iqbal

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment