Doa Agar Cepat Dapat Jodoh

berdoa khusyuk

Assalamu’alaykum. Pak Ustadz, saya sudah ada niat untuk menikah tapi sampai sekarang belum ada jodohnya. Berbagai ikhtiar sudah saya tempuh tapi tidak ada hasilnya. Sering saya merasakan ketidakenakan. Bagimana solusinya Pak? Mohon nasihatnya dan terima kasih (Gingin by email)

 

Wa’alaykumsalam.Wr.Wb.Iya kang Gingin dan sahabat-sahabat sekalian, mempunyai pasangan hidup dan berumahtangga adalah fitrah manusia, sebab Allah Swt menciptakan mahkhluk-Nya selalu berpasangan termasuk manusia. Namun terkadang Allah begitu lama menghadirkan jodoh dalam hidup seseorang seperti yang Anda alami saat ini. Tugas kita dalam ajaran Islam bukan hanya sekadar berhasil. Tugas kita yang lebih utama yaitu ikhtiar. Ikhtiarnya bagaimana? Lihat Q.S. Al-Mulk ayat 2,

Allah yang menciptakan mati dan hidup untuk mengujimu, siapa di antara kamu yang paling baik amalnya, Allah Maha Perkasa, Maha Pengampun

Ada kata-kata paling baik amalnya, yang paling baik ikhtiarnya. Anda sudah ikhtiar, berusaha mencari jodoh dengan membangun relasi tapi Anda terus saja ditolak. Bahkan yang Anda rasakan itu adalah ketidakenakan. Ya, namanya juga ikhtiar kita harus menerimanya.

Orang yang beriman, kalau ikhtiarnya berhasil ia akan bersyukur, tetapi kalau ikhtiarnya belum berhasil? Ia akan bersabar. Bersabarnya itu artinya diam tapi ia akan terus berikhtiar. Hadist riwayat Imam Muslim mengatakan, ”Sungguh kalau orang yang beriman itu hebat.” Kenapa hebat? “karena kalau ditimpa sesuatu yang menyenangkan dia syukur dan kalau ditimpa sesuatu yang tidak menyenangkan dia sabar”.

Jadi tugas kita dalam hidup apa? Apakah mencari jodoh seperti yang sedang Anda rasakan? Apakah mencari rezeki? Apakah itu mendidik anak?

Pokoknya yang menjadi cita-cita kita. Siapa yang paling bagus ikhtiarnya, nanti kita menunggu kuasa Allah. Kalau kita punya cita-cita maka berikhtiarlah dengan sungguh-sungguh dan bertawakal kepada Allah. Kalau ternyata sukses, ya bersyukur. Kalau belum sukses maka bersabarlah.

Nah, tugas kita selain ikhtiar yaitu berdoa. Kalau Anda berdoa ketika meminta jodoh, janganlah berdoa dengan angkuh. Misalnya ketika kita ingin segera mendapatkan jodoh dan berdoanya seperti ini, “ Ya Allah, berikan saya jodoh. Pokoknya gak mau tahu ya Allah. Akhir tahun ini saya harus sudah menikah.”

Jadi kata-kata, “pokoknya gak mau tahu, akhir tahun ini saya harus punya jodoh. Itu doanya sangat tidak baik karena ada keterangan “berdoalah kamu kepada Allah dengan rendah hati dan suara lembut. Allah itu tidak menyukai orang-orang yang melewati batas. Jadi, Anda sudah ikhtiar bingkai dengan doa. Namun, doa yang Anda ucapkan haruslah disampaikan dengan rendah hati.

Doa yang rendah hati yaitu doa yang tidak menunjukkan sikap ngotot, misalnya “Ya Allah sekiranya saya punya istri. Saya punya istri itu akan menjadi kebaikan di akherat saya. Bukakan pintu jodoh saya. Berikan kepada saya jodoh yang soleh, jodoh yang baik, jodoh yang membuat saya bahagia di dunia dan di akherat. Tapi, kalau menurut-Mu itu tidak baik untuk saya, ya Allah beri saya yang terbaik.”

Begitulah doanya. Kita harus harus rendah hati, jangan mengunakan kata-kata target-targetan seperti ini, ”Ya Allah beri saya jodoh, pokoknya tahun ini terakhir ya Allah. Akhir tahun ini harus dapat.” Doa itu yang harus Anda evaluasi.

 

BACA JUGA: Pentingnya Wanita Belajar Rumah Tangga Meski Belum Ketemu Jodoh

Bila Anda sudah berikhtiar tapi tetap belum diberikan jodoh, bahkan seringkali mendapatkan rasa sakit, ya itu bagian dari proses. Silakan, nanti juga kalau sudah datang waktunya semuanya akan mudah.

Ikhtiar dan cita-cita juga harus berbanding lurus. Maksudnya bagaimana? Kalau Anda berdoa mencari jodoh yang saleh, ya tentu cari di tempat-tempat yang baik. Misalnya di majelis ta’lim atau di organisasi-organisasi tempat berkumpulnya orang-orang baik.

Jangan sampai doa minta jodoh yang saleh, tapi mencarinya di diskotik atau sambil clubbing.  Itu  tentu tidak sesuai. Kalau kita berdoa, sesuaikan dengan ikhtiar. Kalau Anda meminta sembuh dari sakit, Anda harus berobat. Itu berbanding lurus.

Kalau adik-adik yang sedang kuliah ingin belajar dan sekolahnya sukses, maka Anda harus sambil belajar. Intinya antara ikhtiar dan doa harus seimbang, harus sebanding. Kalau Anda minta jodoh yang saleh ya cari di lingkungan yang saleh atau cari relasi-relasi yang kira-kira relasi itu yang baik dan salehah. Intinya Anda tidak boleh putus asa. Wallahu’alam . [ ]

 

BACA JUGA: Amalan Wanita Yang Belum Ketemu Jodoh

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui  Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 2,085 times, 2 visits today)

REKOMENDASI