Pingin Anak Betah dan Nyaman di Masjid? Lakukan Ini

Baca quran anak 1

Pingin Anak Betah dan Nyaman di Masjid? Lakukan Ini

PERCIKANIMAN.ID – – Nilai-nilai agama wajib ditamankan kepada anak-anak sejak dini. Salah satunya adalah mengenalkan rumah ibadah bagi umat Islam yakni masjid. Wajib bagi orangtua mengajak anak beribadah khususnya shalat berjamaah di masjid. Selain itu masjid juga bisa dijadikan sarana untuk menuntut ilmu agar mereka sehingga kelak setelah dewasa menjadi terbiasa.

Hal itu juga dicontohkan Nabi Muhammad Saw terhadap anak dan cucunya. Sebuah kisah di mana Rasulullah ketika salat Ashar di masjid dia sujud begitu lama. Kemudian seorang sahabat bertanya,

Wahai Rasulullah! Di tengah-tengah salat, engkau sujud begitu lama, apakah engkau sedang menerima wahyu?” Kemudian Rasulullah menjawab, “Sebenarnya tadi cucuku sedang naik ke punggung saya yang dia anggap gunung, dan saya tak ingin terburu-buru sampai dia puas,” (HR Nasaa’i, Ibnu Asaakir, dan Haakim).

Contoh peristiwa di zaman Rsulullah SAW tersebut menunjukkan bahwa nabi memahami sifat anak-anak dan menjadikan masjid tempat untuk anak-anak juga. Tetapi, sering kali tangisan anak di masjid membuat berisik. Sehingga, orang dewasa melarang anak-anak bermain di masjid. Hal itu bertentangan dengan yang dilakukan Rasulullah SAW, oleh sebab itu perlu siasat agar anak-anak betah dan nyaman.

Berikut,beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua dan pengurus masjid agar anak-anak merasa nyaman, aman dan senang berada di “Rumah Allah” tersebut:

  • Lembut

Anas bin Malik menceritakan, “Nabi tidak menggunakan kata-kata yang menghina atau buruk atau kutukan” (HR Bukhari).

BACA JUGA  Cara Unik, Polisi Ini Minta Dibacakan Surat Yasin Bagi Pengendara Yang Tak Tertib Aturan

Ingatlah bahwa anak-anak tidak berdosa. Allah tidak menghukum anak karena perilaku mereka tetapi Allah meminta pertanggungjawaban bagaimana kita memperlakukan anak-anak. Tugas kita adalah mengingatkan anak-anak dengan lembut tentang etika di Masjid.

  • Tawarkan bantuan

Apabila melihat balita menjerit dan ibu panik, tawarkan bantuan seperti air minum atau ikut menenangkan.

  • Beri peringatan

Orangtua dan pengurus pasjid perlu memberi peringatan kepada anak-anak agar tetap tenang dengan cara yang ramah anak dan sopan. Jangan membentak dengan nada keras apalagi sampai memarahi.

  • Fasilitas

Sediakan fasilitas ramah anak, seperti kamar kecil, sajadah kecil, dan ruang untuk ibu menyusui.

  • Ruang anak

Sediakan ruang untuk anak-anak. Isi ruangan dengan buku-buku bacaan anak, mainan, dan bahan untuk membuat kerajinan. Buat tempat penitipan bayi yang bersahabat. Ruang anak juga bisa dilengkapi dengan audio visual untuk menonton film yang anak-anak sukai dengan karakter islami. [ ]

 

Red: syifa

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment