Bagaimana Hukum Puasa pada Hari Kelahiran?

shaum, puasa

Assalamualaikum Ustadz. Bagaimana hukumnya puasa di hari kelahiran kita? Karena saya pernah mendengar penjelasan bahwa Rasul puasa di hari Senin karena berkaitan dengan hari lahir beliau. Terima kasih.

 

Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari Senin. Beliau menjawab, “Itu hari kelahiranku dan diturunkan wahyu.” ( HR Muslim dan Ahmad ).

donasi perpustakaan masjid

Sabda Rasulullah di atas perlu diteliti secara cermat. Apakah pernyataan tersebut menunjukkan adanya puasa untuk hari kelahiran? Mencermati redaksinya, tidak ada isyarat sedikitpun bahwa pernyataan Rasul tersebut mengarah pada perintah atau anjuran puasa di hari kelahiran.

Pemilihan hari Senin sebagai hari saum sunnah merupakan ketentuan syari’ah, hanya kebetulan Rasulullah lahir pada hari itu dan ternyata hari Senin tidak hanya memiliki keutamaan sebagai ahri lahirnya Rasulullah, tapi juga hari diturunkannya wahyu pertama kali.

Untuk itu, kalaupun hari kelahiran Nabi tetap dikait-kaitkan dengan hari kelahiran Nabi, maka tentunya saum sunnah hari Senin adalah saum di hari kelahiran beliau bukan di hari kelahiran yang lain. sehingga tidak perlu seseorang yang lahir pada hari Jum’at atau hari lainnya untuk mengkhususkannya dengan melaskanakan saum. Bagi yang kebetulan lahirnya pada hari Senin dan hendak melaksanakan shaum senin pada hari itu, niatnya tetap sebagai saum sunnah Senin Kamis.

Wallahu a’lam.

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment