Jangan Sepelekan Minum Air Putih, Ini Rahasia Manfaatnya

air mineral

 

PERCIKANIMAN.ID – – Air memang penting khususnya bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan susunan tubuh manusia sendiri yang sebagian besar berupa cairan. Komponen tubuh yang memiliki kadar berupa cairan yang sangat tinggi contohnya adalah otak dan darah. Otak memiliki kandungan berupa cairan sebanyak 90%, sedangkan darah bisa mencapai 95%. Secara total, tubuh manusia tersusun dari sekitar 70% cairan. Orang bisa bertahan hidup selama beberapa waktu tanpa makan. Namun jangan harap seorang manusia bisa hidup tanpa air.

Fakta ini menunjukkan pentingnya cairan dalam tubuh kita. Berkurangnya cairan tentu bisa menurunkan kinerja tubuh. Kehilangan cairan sebanyak 4% saja, bisa menurunkan kinerja tubuh sampai 22%. Kehilangan ini bisa lewat keringat, pernapasan, air kencing, atau sekresi lainnya. Kehilangan cairan sebanyak 2% saja sudah menurunkan konsentrasi. Sedangkan jika sudah mencapai 6%, maka gejala yang muncul bisa berupa sakit kepala dan keletihan. Sedangkan jika tubuh sudah kekurangan cairan hingga 12%, sudah bisa berakibat fatal.

Salah satu cara paling mudah untuk melihat tubuh kekurangan air adalah dengan melihat air kencing. Jika warna air kencing jernih maka air dalam tubuh bisa dibilang cukup. Sebaliknya jika air berwarna kuning atau lebih gelap dan pekat, maka orang tersebut mengalami kekurangan air dalam tubuhnya.

Cairan dalam tubuh akan lebih banyak jika seseorang banyak melakukan aktivitas. Karena itu, menurut para ahli, kebiasan minum air ketika haus bukanlah suatu kebiasaan yang sehat. Seseorang harus membiasakan minum air putih secara rutin dan dalam jumlah yang cukup dalam sehari. Selain untuk menghindari dehidrasi, minum air dengan cukup juga dilakukan untuk menjaga suhu tubuh.

Berapa banyak seorang manusia harus mengonsumsi air dalam sehari? Anjuran yang sering diberikan adalah sejumlah 2-2,5 liter air setiap hari. Air ini bisa didapatkan juga dari makanan yang dikonsumsi. Karena itu jumlah air yang dibutuhkan untuk diminum menurut British Dietetic Association dan NHS adalah 8-10 gelas setiap harinya. Jumlah ini dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Karena itu kebiasaan untuk minum air jangan dilakukan ketika sedang haus saja. Hal ini karena pengeluaran cairan sering tejadi di saat yang tidak diduga. Misalnya adalah ketika tidur, ternyata ketika terlelap, banyak cairan tubuh yang keluar. Karena itu dianjurkan juga untuk minum air sesudah bangun tidur. Minum air juga dianjurkan dilakukan ketika sebelum tidur dan sebelum makan.

BACA JUGA  Mengenal Mineral dan Manfaatnya

Air yang cukup akan sangat berguna untuk merawat organ tubuh manusia. Misalnya adalah kinerja ginjal yang tertolong karena cukupnya air dalam tubuh. Darah juga menjadi tidak kental, sehingga metabolisme juga menjadi lancar. Selain itu air juga menolong tersedianya hormon testosteron dan hormon estrogen dalam tubuh.

Seorang peneliti asal Jepang, Dr. Masaru Emoto juga membuktikan bagaimana kinerja air yang bisa sangat positif. Menurut penelitiannya, air bisa merespon apa yang ada disekitarnya. Air mampu menanggapi rangsangan dan pesan yang diterima. Memang sedikit aneh, namun faktanya kristal air mampu berubah bentuk jika diberi rangsangan tertentu, misalnya ucapan. Kristal air akan berubah menjadi bentuk yang indah jika diucapkan kata-kata yang positif. Sebaliknya kristal air berubah menjadi kacau bentuknya jika diberi ucapan yang negatif. Ucapan positif yang dilakukan Masaru dalam pengujian antara lain agama, pujian, dan do’a.

Karena hal ini, tidak heran air juga bisa berefek menyembuhkan atau merusak kepada tubuh manusia. Jadi bukan aneh jika kita mengucapkan do’a atau kata-kata positif kepada air yang akan kita minum. Karena itu, Islam sudah lama menganjurkan untuk berdo’a sebelum melakukan sesuatu, termasuk minum air. Sikap ini sudah terbukti positif melihat hasil penelitian dari Dr. Masaru Emoto ini. Minum air secara positif tentu menambah dampak yang berguna bagi tubuh kita.

Namun tidak ada yang tidak berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Air juga ternyata berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jumlah yang ekstrem sekaligus. Minum terlalu banyak bisa menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang disebut dengan water intoxination. Kondisi ini menunjukkan peringatan bahwa Allah juga tidak suka sesuatu yang berlebihan. Sesuatu yang berguna akan tetap berguna jika dikonsumsi secara wajar dan sesuai kadarnya. [Berbagai sumber]

 

Red: Fatih

Editor: Iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment