Pentingnya Belajar Kerumahtanggaan Bagi Muslimah Sebelum Menikah

muslimah

PERCIKANIMAN.ID – – Mempunyai pasangan hidup, berkeluarga adalah salah satu fase kehidupan yang harus dijalani manusia. Menjadi pasangan baik sebagai suami atau istri lalu  menjadi orangtua adalah salah suatu pekerjaan terpenting dalam hidup seseorang.

Untuk memasuki jenjang rumah tangga diperlukan pengetahuan yang cukup bagi calon pasangan yang hendak menikah khususnya kaum muslimah. Pendidikan pernikahan, nasihat pranikah dan konseling dapat membantu para single untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan jika suatu saat menjadi istri sehingga dapat menciptakan pernikahan sehat.

Penasihat pernikahan dan keluarga dari in Mesa, Arizona, Dr. Aneesah Nadir mengatakan, dalam setiap bidang studi ada ilmu untuk menjadi sukses. Seperti perguruan tinggi untuk menjadi dokter, pengacara, psikolog, atau ahli ekonomi. Namun, tidak ada sekolah menjadi ibu dan istri.

“Untuk menjadi pasangan sukses, penting mengenal diri sendiri. Siapa Anda dan nilai diri dalam kehidupan. Hal ini penting untuk mengembangkan hubungan Anda dengan Allah dan tahu tentang kehidupan menikah dalam Islam. Anda perlu belajar keterampilan agar memiliki hubungan cinta dengan pasangan. Belajar tentang tanggung jawab suami dan istri,” tulis Aneesah seperti dilansir Soundvision, Rabu (7/12/2016).

Penting belajar bagaimana pernikahan membantu kita patuh dengan Allah dan membantu kita mendapatkan surga yang merupakan tujuan utama. Belajar dari Nabi Muhammad SAW, damai dan berkah yang ia dapat berasal dari kehidupan pernikahannya.

“Wanita single muslim perlu belajar bagaimana mengenal orang yang ingin dinikahi secara halal. Kelas pendidikan pernikahan adalah tempat mereka mempersiapkan diri sebelum menikah. Langkah tersebut adalah awal yang baik untuk membina rumah tangga,” paparnya.

BACA JUGA  Tanda-tanda Kecilnya Manusia, Sudahkah Kita Menyadari ?

Oleh karena itu ia menyarankan bagi muslimah untuk mempelajari karakter atau kepribadian calon suaminya sejak sebelum menikah. Salah satunya adalah memperhatikan gaya hidupnya, hobby maupun kebiasaan baik maupun buruk. Hal ini penting sehingga ketika sudah menjadi pasangan suami istri tidak lantas terkejut mendapati karakter suami yang tidak sesuai harapan semula. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: norman

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment