Benarkah KB Haram?

kontrasepsi

Assalamualaikum. Pa Ustad saya ingin bertanya benarkah Islam mengharamkan program KB? Karena beberapa ibu-ibu pengajian ada yang mengatakan kepada saya bahwa KB adalah konspirasi barat. Sehingga orang-orang seperti saya yang melakukan KB adalah korban. Sebenarnya seperti apa KB di kacamata Islam? Mohon penjelasannya Pa Ustadz, terima kasih.

 

Berdasarkan informasi yang didapat, KB terdiri dari dua macam, yaitu KB sementara dan KB permanen. KB sementara biasanya dilakukan atas pertimbangan kesehatan terutama sang ibu, adanya perencanaan tertentu dan lain sebagainya yang semuanya bertujuan agar kehadiran sang anak tidak mendatangkan risiko atau kemadharatan yang justru dilarang dalam Islam.

KB jenis ini diperbolehkan dalam Islam, baik itu dilakukan melalui bantuan medis atau dilakukan secara alamiah, misalnya dengan teknik kalender, menghindari hubungan di waktu subur dan lains ebagainya. KB sementara sejalan dengan kebiasaan sahabat yang menghindari kehamilan karena alasan tertentu dengan cara ‘ajl ( mengeluarkan sperma di luar vagina ). Sebagaimana disebutkan dalam riwayat berikut; Jabir ra berkata : “Kami pernah melakukan ‘azal sedangkan Al-Qur’an masih turun (yakni dimasa Nabi Shallallahu ‘alihi wa sallam)” ( Hr. Abu Dawud )

Sementara penggunaan KB permanen untuk menghindari kelahiran anak dengan dasar takut akan masa depannya berkaitan dengan rejeki dan kehidupan dunianya yang belum tentu benar, maka KB jenis ini dilarang dalam Islam. kecuali jika benar-benar ada pertimbangan medis yang terpaksa KB jenis ini digunakan.

Rasulullah bersabda :
“Nikahkanlah wanita-wanita yang penyayang dan subur (banyak keturunan), karena aku akan berbangga kepada umat yang lain dengan banyaknya kalian.” (Hr. Abu Daud)

kalender percikan iman 2018

Selain itu, masalah kelahiran anak dan masa depan dunia erat hubungannya dengan keimanan terhadap takdir Allah. Karena itu biasakan selalu untuk memohon petunjuk dan pertolongan Allah atas segala rencana yang dilakukan khususnya berhubungan dengan kehadiran buah hati dalam kehidupan kita.

Wallahu a’alam.

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment