Bagaimana Islam Memandang Indigo?

anak-anak

Bagaimana Islam memandang anak-anak Indigo, yang katanya punya ‘indera ke-enam’ – bahkan beberapa orang sering mengatakan mereka mampu melihat alam gaib dan punya intelektual di atas rata-rata manusia normal. Apakah Indigo dalam Islam sebuah kelainan jiwa yang perlu diobati, atau justru sebaliknya itu adalah kelebihan?

 

Islam mengajarkan kita agar memiliki pemahaman berkeseimbangan akan fenomena semesta alam dengan segala isinya. Islam pula yang mengajarkan kita memahami realitas kehidupan yang berpijak pada dua unsur, pertama, unsur syar’i berupa ayat-ayat qauliyah yang semestinya diyakini sepenuh hati meski kadang akal kita yang terbatas tidak mampu menjangkaunya.

alquran muasir

Misalnya, al-Quran menyatakan bahwa meteor yang bergerak melesat melintas di langit sejatinya adalah lemparan malaikat akan “kenakalan” syetan yang mengintip-ngntip rahasia langit. Cukup iman yang menampungnya. Kedua adalah unsur kauni berupa realitas yang terjadi dalam dunia nyata meski kadang lagi-lagi akal kita perlu waktu untuk menjangkaunya atau bahkan tidak sanggup menjangkaunya. Kita diperkenankan menerimanya selama diijinkan unsur syar’i. jika ditemukan pelanggaran terhadap unsur syar’i, kita wajib menolaknya karena istilah yang tepat untuknya adalah khurafat dan takhayyul yang dilarang Islam.

Mencermati fenomena indigo, boleh jadi ada kecenderungan pada unsur kauni. Realitas dari sebagian makhluk yang benar-benar terjadi. Dan cukuplah bagi kita menerima apa adanya tanpa memandangnya berlebihan apalagi menjadikannya media untuk memenuhi ambisi dan kepentingan tertentu. kita perlu ekstra hati-hati ketika menyikapi sesuatu berkaitan dengan perkara yang ghaib. Allah berfirman :

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudaratan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang gaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudaratan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman”. ( Qs. Al-A’raf : 188 )

kalender

Dia adalah Tuhan yang mengetahui yang ghaib, dan Dia tidak memperlihatkan kepada seorang pun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya. Sesungguhnya Dia Mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya. (QS. Al-Jin: 26 – 27)

Ada baiknya masalah anak indigo ini diteliti secara berkelanjutan. Tidak mustahil jika yang bersangkutan bermasalah dengan kejiwaannya atau mungkin juga terkena gangguan makhluk ghaib. Sehingga tidak perlu disikapi berlebihan selain dilakukan pengobatan agar sang anak betul-betul menjadi manusia normal yang menikmati hidup layaknya manusia pada umumnya.

Wallahu a’lam.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment