Tahukah Anda Populasi Muslim Dunia Terus Bertambah? Ini Buktinya

0
101
masjid

PERCIKANIMAN.ID – – 2,9 % setiap tahun jumlah peningkatan pemeluk Islam di seluruh dunia. Uniknya jumlah ini lebih tinggi dari angka pertumbuhan penduduk dunia itu sendiri, yakni 2,3 % per tahun.

12,4 % dari jumlah penduduk dunia memeluk Islam pada 1900. Presentase ini meningkat tahun 1980 menjadi 16,5 %, kemudian meningkat lagi tahun 2000 di angka 19,2 %. Jumlah ini terus meningkat hingga sekarang, dan diprediksi akan menjadi agama dengan pemeluk terbanyak tahun 2030.

iklan

500 juta jiwa adalah jumlah pemeluk Islam seluruh dunia di tahun 1973. Sekarang jumlah itu meningkat sekitar 300 % menjadi 1,5 miliar jiwa. Satu per lima dari total pemeluk Islam itu tinggal di negara-negara non-Muslim, seperti Eropa dan Amerika.

46 juta jiwa jumlah total Muslim di Benua Amerika. Di ‘Paman Sam’ total Muslim mencapai  2,7 juta jiwa. Sementara di Argentina mencapai 800 ribu orang, disusul oleh Kanada dengan 700 ribu orang. Sementara di Suriname mencapai 16 % total penduduknya, dan menjadi populasi Muslim terbesar di Benua Amerika. Salah satu faktor pendorong terbesar tingginya populasi Muslim di Amerika adalah tragedi 9/11.

20 ribu orang per tahun memeluk Islam pasca tragedi 9/11 di Amerika. Hal ini jelas sangat luar biasa. Saking menariknya, pada 19 April 2007 di gelar konferensi di Middlebury College, Middlebury Vt. Dengan tajuk “Is Islam a Trully American religion?”. Tak ada satupun teori dalam teori-teori gejala sosial yang mampu menjelaskan anomali ini. “Teori tangan Tuhan” disebut-sebut sebagai satu-satunya yang mampu menajawab gejala ini.

39 juta penduduk benua Eropa adalah Muslim, atau 5 % dari total penduduk. Wilayah Rusia Barat menyumbang populasi Muslim terbesar dengan total 16 juta, disusul Jerman dengan 4,5 juta jiwa, Perancis sebanyak 3,5 juta, Inggris  2 juta, dan Italia sebesar 1,5 juta. Selebihnya menyebar di beberapa wilayah Eropa, seperti Portugal, Swedia, Belanda, Swiss, Belgia, dan sebagainya.

80 % lebih pemeluk Islam di Indonesia dari sekitar 254,9 juta jiwa. Angka ini menyumbang 12,7 % dari total presentasi penduduk Muslim di seluruh dunia. Meskipun menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar, Indonesia bukanlah negara Islam.

179 juta jiwa di Pakistan yang memeluk Islam. Jumlah itu mencakup 96 % lebih dari total populasi di Pakistan. Negara yang terletak di Asia Selatan itu menyumbang angka 11 % dari total presentasi penduduk Muslim dunia, dan menjadi negara kedua berpenduduk mayoritas Islam terbesar setelah Indonesia.

100 % penduduk Saudi Arabia memeluk Islam. Islam menjadi satu-satunya agama resmi negara ini. Di negara kerajaan ini terdapat pula kota-kota yang tidak boleh dimasuki oleh orang non-Muslim.

2,8 Miliar jiwa merupakan prediksi jumlah penduduk dunia di tahun 2030 yang memeluk Islam. Penelitian yang dilakukan Pew Research Center’s Forum on Religion & Public Life yang dirilis tahun lalu, mengungkap populasi umat Islam saat ini mencapai 23,4 % penduduk dunia dan akan meningkat menjadi 35 % di tahun 2030. Terdapat dua faktor pendorong; pertama, angka kelahiran tinggi di kalangan umat Islam; kedua, banyaknya non-muslim yang memeluk Islam. [Berbagai sumber ]

 

Red: Iqbal

Editor: Iman

Ilustrasi foto: pixabay