DPRD Jabar Desak Agar Myanmar Dikeluarkan Dari ASEAN

abdul-haris-f-gerindra dprd jabar

PERCIKANIMAN.ID – – Terbantainya Muslim Rohingya di Myanmar seacara sadis dan biadab merupakan bentuk kejahatan kemanusian. Untuk itu Pemerintah Myanmar harus mendapat sanksi internasional baik sosial, moral maupun pidana. Demikian sepenggal penyampaian orasi anggota DPRD Jabar Abdul Haris Bobihoe dihadapan peserta aksi solidaritas untuk Muslim Rohingya di Bandung,Kamis (24/11/2016).

Abdul Haris menambahkan tindakan brutal Pemerintah Myanmar dalam menghadapi kaum Muslim Rohingya sudah diluar rasa dan peri kemanusiaan. Tindakan itu bukan hanya mengundang kemarahan kaum muslimin namun dunia internasional juga mengutuknya.

alquran muasir

“Jika sudah tidak bisa dengan aturan internasional maka sebaiknya pemerintah Indonesia mendorong dan memprakarsai gerakan agar Myanmar di keluarkan dari keanggotaan ASEAN,”ungkap wakil rakyat dari Partai Gerindra ini.

Lebih lanjut  Abdul Haris juga mendorong pemerintah Indonesia untuk meninjau ulang hubungan bilateral kedua Negara dan bila perlu sebaginya pemerintah Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar. Hal ini menurutnya sebagai bentuk protes keras dan nyata sehingga kejadiaan tersebut tidak terulang kembali.

“Kita harus terus berjuang baik diplomatik maupun aksi solidaritas sehingga saudara muslim kita di Rohingya mendapat jaminan keamanan dan keselamatan,”tegasnya.

kalender

Hal yang sama juga diutarakan anggota dewan Irfan Suryanagara dari Fraksi Demokrat  Menurutnya pembantaian Muslim Rohingya adalah bentuk tragedi kemanusiaan yang perlu mendapat simpat dan empati dari seluruh dunia.

“Kita mendukung agar pemerintah Myanmar mendapat sanksi keras dari dunia internasional. Kejahatan kemanusiaan ini harus segera dihentikan dan pelakunya (Pemerintah Myanmar, red) diproses hukum,”ujar Irfan yang juga Wakil Ketua DPRD Jabar ini.

Irfan-Suryanagara-F-Demokrat DPRD Jabar
Irfan-Suryanagara-F-Demokrat DPRD Jabar

Wakil Ketua DPRD, Haris Yuliana juga menyampaikan dukungannya atas aksi solidaritas untuk Muslim Rohingya yang diadakan keluarga besar Persis dan elemen ormas Islam Jabar.

Pihaknya juga akan mendesak pemerintahan pusat untuk menentukan sikap atas tragedy kemanusiaan yang menimpa Muslim Rohingya. Jika perlu, katanya, pemerintah harus memutus jalur diplomasi, bahkan mengusir Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta.

”Saya juga mendesak dewan Hak Asasi Manusia ASEAN untuk  menindak keras pemerintah Myanmar yang membiarkan peristiwa pembantaian tersebut,”tegasnya Wakil Rakyat dari PKS ini.

Haris pun menyatakan dukungan sekaligus himbauan agar aksi solidaritas bagi Muslim Rohingya terus dilakukan sampai pemerintah pusat mengeluarkan keputusan yang memihak kepada kemanusiaan.

”Jalanan tidak boleh sepi, sampai pemerintah pusat mengusir kedutaan Besar Myanmar di Jakarta. Seluruh anggota DPRD Jabar akan membantu untuk kebutuhan kemanusiaan,” tandasnya.

Secara simbolis para anggota dewan tersebut juga melakukan penggalangan dana dengan memberikan sumbangan. Diharapkan penggalangan dana kemanusiaan tersebut terus dilakukan meninimal dapat mengurangi beban penderitaan saudara Muslim Rohingya. [ ]

 

Rep: iman

Editor: candra

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment