Rahasia Rambut Yang Bersaksi Atas Perilaku Kita, Begini Penjelasan Sains

rambut

Oleh: Ir. H. Bambang Pranggono, MBA.*

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

alquran muasir

 
Hai, orang-orang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, sapulah kepalamu dan basuh kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki.”(Q.S. Al-Mā’idah [5]: 6)

 
Ayat tersebut mengatur tata cara berwudu yang di dalamnya mencantumkan keharusan menyapu atau membasuh kepala. Tafsir Al-Jami’ul Bayan karya At-Thabary menyertakan berbagai hadits yang secra panjang lebar menjelaskan teknis membasahi rambut, termasuk janggut.

 

Sebetulnya, aturan Islam yang menyangkut rambut bukan hanya pada wudu dan mandi, tetapi juga mencukur gundul rambut bayi ketika akikah dan mencukur rambut waktu tahallul setelah selesai melontar jumroh (saat haji). Juga, ada sunnah mencukur bulu ketiak dan bulu kemaluan. Demikian pula wanita yang sudah haid diharuskan menutupi rambutnya dengan kerudung. Sebetulnya, ada apa dengan rambut?
Dalam Jurnal Agricultural and Food Chemistry, saya mengetahui sedikit jawabannya. Bahwa, segala yang kita minum akan tercetak pada rambut. Lesley Chesson, penulis artikel tersebut menjelaskan bahwa ketika minum, tubuh manusia mengurai atom hidrogen dan oksigen dari air lalu menyatukannya lagi di dalam protein, termasuk protein rambut.

kalender

Hidrogen dan oksigen eksis dalam bentuk proporsi isotop yang berbeda-beda yang bisa dianalisis karena memiliki ciri-ciri tertentu secara geografis.Ini juga termasuk ketika orang meneguk minuman botol atau kaleng berbagai merek. Secara ekonomis, produsen minuman kemasan akan memakai sumber air lokal yang terdekat untuk dicampur dengan bahan-bahan minuman kemasannya.

Dengan demikian, pola isotop di rambut akan menjadi “sidik jari kimiawi” yang menunjukkan di wilayah mana saja orang yang bersangkutan pernah berada. Orang yang pernah meminum bir di Las Vegas dan Los Angeles akan memiliki “tanda tangan” isotop (di rambutnya) yang berbeda dengan orang yang meminum soda di New York dan Florida.

Tentunya, orang yang meminum air zamzam di Mekkah, isotop di rambutnya berbeda dengan yang meminum air dari sungai Musi di Palembang.
Ternyata, selembar rambut bisa bersaksi dan bisa dipergunakan oleh penyidik untuk mengusut jalur perjalanan seorang tersangka. Semakin susah saja manusia untuk berbohong. Astaghfirullahal adzim. Wallahu’alam. [ ]

 

*Penulis adalah pendidik, pegiat dakwah dan penulis buku.

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis dan ingin dimuat di www.percikaniman.id bisa mengirimkan tulisannya  ke email: redaksi@percikaniman.id atau: mapionline2015@gmail.com  . Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment